... ibu dikatakan memiliki peran utama dan strategis dalam mencetak orang-orang besar... "
Yogyakarta (ANTARA News) - Di Indonesia, hari ini adalah Hari Ibu, yang diperingati secara khusus untuk menghormati kaum perempuan dan ibu yang melahirkan generasi demi generasi. Sultan Hamengkubuwono X menyatakan kepentingan ibu itu, "Ibu dalam keluarga memegang peran sangat penting dan sentral bagi tumbuh kembang anak-anak. Oleh karena itu ibu dikatakan memiliki peran utama dan strategis dalam mencetak orang-orang besar."

Pernyataan Sri Sultan Hamengkubuwono X itu dibacakan Sekretaris Daerah DIY, Ichsanuri, pada peringatan Hari Ibu 2012, di Yogyakarta, Sabtu. 

Hari Ibu diharapkan dijadikan momentum melakukan introspeksi kembali terhadap upaya dan perjuangan yang dilakukan kaum perempuan di berbagai bidang dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga, masyarakat, dan Bangsa Indonesia.

"Kami berharap seluruh lapisan masyarakat baik perempuan maupun laki-laki dari berbagai latar belakang budaya, agama, dan status sosial dapat melakukan hal itu demi masa depan Indonesia yang lebih baik," katanya.

Menurut dia semua pihak diharapkan terus berjuang meningkatkan peran aktif perempuan bersama laki-laki dalam membangun kesejahteraan dan menjalin hubungan yang erat dengan berbagai bangsa di dunia baik regional maupun internasional.

"Upaya peningkatan peran dan partisipasi perempuan dan laki-laki dalam pembangunan berkelanjutan perlu dilihat sebagai satu hal yang sangat strategis dalam memperkuat ketahanan keluarga dan ketahanan nasional yang akan beriimpilkasi pada kesejahteraan bangsa," katanya.

(B015/H010/H008) 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012