... tindakan Depardieu sebelumnya untuk bermukim di Belgia sebagai sesuatu yang tidak patriotik dan "menyedihkan"... "
Moskow (ANTARA News) - Aktor veteran Prancis, Gerard Depardieu, tiba di Rusia guna mendapatkan paspor di negara itu setelah mengeluhkan rencana pemerintah Prancis menaikkan pajak pendapatan hingga 75 persen, lapor media setempat, Sabtu.

Sebelumnya pada Kamis, Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberikan kewarganegaraan Rusia kepada Depardieu, yang merupakan tokoh populer di Rusia, guna mengihndari pajak terhadap jutawan yang direncanakan  pemerintahan sosialis Prancis.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, mengatakan Putin itu akan bertemu secara pribadi dengan Depardieu di sebuah resor Sochi dekat Laut Hitam, Sabtu malam.

Depardieu memerankan banyak film legendaris, di antaranya 1492: Concuest of Paradise dimana dia berperan sebagai Don Cristobal Colombo alias Cristophorus Colombus, dan Asterix et Obelix.

Radio Ekho Moskvy mengatakan baik Putin, yang merupakan mantan mata-mata KGB, berada di Sochi bersama Perdana Menteri Rusia,  Dmitry Medvedv, guna menghabiskan masa liburan Tahun Baru Rusia yang berakhir pada 9 Januari.

Di Rusia sendiri, Depardieu telah tampil dalam berbagai iklan, termasuk untuk iklan saos. Aktor yang juga sutradara itu juga pernah bekerja di sana untuk memfilmkan biksu eksentrik Rusia, Grigory Rasputin, pada 2011 lalu.

Depardieu yang membintangi Cyrano de Bergerac dan Green Card juga merupakan salah satu dari sekian banyak seleberitis Barat yang pada tahun lalu diundang dalam perayaan ulang tahun Pemimpin Chechnya, Ramzan Kadyrov.

Rusia memiliki pajak pendapatan merata sebesar 13 persen, berbeda dengan sistem pajak pendapatan 75 persen bagi warga dengan pendapatan di atas 1 juta euro yang ingin dikenalkan Presiden Prancis, Francois Hollande. Depardieu sendiri sebelumnya telah membeli rumah di Belgia sebagai aksi protes terhadap sistem pajak itu.

Sebelumnya tawaran Hollande itu ditolak Mahkamah Konstitusi Prancis pada Desember, tetapi presiden itu berjanji akan tetap merombak sistem pajak bagi warga kaya.

Perdana Menteri Prancis, Jean-Marc Ayrault, menyebut tindakan Depardieu sebelumnya untuk bermukim di Belgia sebagai sesuatu yang tidak patriotik dan "menyedihkan", yang kemudian membuat aktor itu berang.

Sejak masa Perang Dingin, Moskow seringkali mendukung warga Barat yang bersebrangan dengan pemerintahnya -- sebuah cara yang untuk menangkal apa yang disebut Putin sebagai kritik munafik Barat terhadap perlakuan Kremlin terhadap rakyatnya.

Putin, yang dituduh anti-kritik oleh pihak oposisi, dalam sejarahnya memiliki hubungan baik dengan Prancis.

Tetapi Moskow mendapat pukulan pada November lalu ketika mereka dipaksa membatalkan rencana untuk membangun Gereja Ortodoks dengan lima kubah di pusat kota Paris, yang disebut sebagai rencana "bermewah-mewahan" oleh wali kota Paris.

(P012/H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013