Rabu, 20 Agustus 2014

Facebook desain ulang tampilan

Jumat, 8 Maret 2013 14:03 WIB | 15.015 Views
Facebook desain ulang tampilan
Jejaring sosial populer (ANTARA News/Lukisatrio)
Jakarta (ANTARA News) - Situs jejaring sosial Facebook mendesain ulang tampilan situsnya untuk menghindari peralihan pengguna ke jejaring sosial lain.

"Apa yang kami coba lakukan adalah memberi semua orang di dunia surat kabar personal terbaik," kata CEO Facebook Mark Zuckerberg seperti dikutip The Verge.

Tampilan baru Facebook menyuguhkan pembaruan dan informasi terbaru dari teman pengguna dan pembuat konten lain seperti media massa.

Facebook telah menyurvei para pengguna sebelum mendesain ulang tampilannya yang menyerupai news feed tentang sejumlah konten seperti musik, foto, tautan menarik, dan aktivitas lain dari teman-teman pengguna.

Situs ciptaan Mark itu berharap desain ulang ini membuat penggunanya tetap setia dan mencegah pindah ke situs jejaring sosial lain.

"Sebagaimana koran, ketika Anda ingin melihat semua kisah olahraga dan Anda masuk ke bagian olahraga. Anda juga dapat masuk ke bagian news feed." kata kepala bagian teknik News Feed Facebook, Chris Struhar.

Namun, strategi Facebook mendesain ulang tampilan dan menganalogikannya dengan koran terasa janggal karena Internet telah meruntuhkan konsep koran formal dengan penciptaan konten dari individu.

"Jika Anda mengatakan Facebook merupakan koran, itu akan menyerupai 80 persen iklan baris, surat pembaca, dan informasi pribadi yang masuk ke editor (koran)," sebut Adrianne Jeffries dari The Verge.

Pada awal 2013, Pew Research Center melaporkan 61 persen pengguna Facebook mengurangi kunjungan ke situs itu bahkan hingga sebulan dan 20 persen pengguna telah menghapus akun mereka.

Penerjemah: Imam Santoso

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © 2013

Komentar Pembaca
Top News
Baca Juga