Jakarta (ANTARA News) - Calon Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengatakan BI perlu meningkatkan sinergi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka mendorong stabilitas sistem keuangan.

"BI perlu diberikan mandat untuk mendorong sistem stabilitas keuangan antara lain dengan meningkatkan sinergi dengan OJK dalam pembagian tugas," katanya saat paparan di Komisi XI DPR RI dalam uji kelayakan dan kepatutan di Jakarta, Senin.

Menurut Agus, perlu adanya koordinasi penuh agar sistem stabilitas keuangan terjaga.

"Ini penting karena pengawasan di BI kan nanti dipindahkan ke OJK. Koordinasi perlu agar semua berjalan lancar," katanya.

Ia juga mengatakan Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) perlu ditingkatkan utamanya dalam memitigasi risiko instabilitas.

"Pengalaman dari krisis sebelumnya, maka diperlukan koordinasi antar lembaga terkait," ujarnya.

Selain itu, lanjut Agus, perlu juga adanya restrukturisasi sistem keuangan dengan perubahan-perubahan yang mengukur sektor keuangan.

"BI akan berkontribusi dalam kelembagaan dan sumbangan-sumbangan perubahan BI dan UU Perbankan maupun UU keuangan lainnya," katanya.

Upaya lainnya untuk menjaga stabilitas sistem keuangan yakni dengan implementasi Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK).

"Dengan adanya JPSK, pengamanan keuangan bisa efektif dan efisien," ujar Agus.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013