... tidak pernah terjadi sebelumnya, kami sangat terpukul... "
Roma (ANTARA News) - Tiga orang tewas dan enam lainnya cidera saat sebuah kapal kontainer menabrak menara pengendali di pelabuhan Genoa di utara Italia, Selasa.

Tujuh orang lagi dilaporkan hilang akibat insiden tersebut. "Ini adalah tragedi buruk," kata kepala Otoritas Pelabuhan Genoa, Luigi Merlo kepada stasiun televisi setempat, Primocanale.

"Saat ini belum ada keterangan lanjut mengenai insiden tersebut," katanya.

Dua dari tiga korban tewas adalah petugas pelabuhan dan seorang lagi adalah seorang jurumudi, demikian dilaporkan stasiun TV tersebut.

Harian lokal Il Secolo XIX melaporkan, dua dari korban tewas adalah laki-laki dan korban ketiga perempuan.

Menara pengendali yang dilaporkan berketinggian lebih dari 50 meter rusak parah akibat insiden tersebut.
Peristiwa tersebut terjadi saat pergantian petugas jaga, sehingga terdapat lebih banyak orang di dalam bangunan menara tersebut.

Ketiga korban tewas diduga terjebak dalam lift menara pengendali dan kemungkinan jatuh ke laut.

Televisi-televisi setempat menyiarkan gambar suasana di lokasi kejadian yang dipenuhi lampu penerangan sementara tim penyelamat mencari korban di perairan dekat menara.

Insiden tersebut terjadi pada pukul 23.00 waktu setempat saat cuaca cerah. Saat itu, kapal naas Jolly Nero yang dimiliki operator setempat, Ignazio Messina and Co, melakukan manuver keluar dari pelabuhan dengan bantuan kapal penarik yang dikemudikan dua pilot.

"Hal seperti ini tidak pernah terjadi sebelumnya, kami sangat terpukul," kata Stefano Messina, seorang direktur pada perusahaan keluarga tersebut sambil menangis.

Menurut laman perusahaan, Jolly Nero merupakan kapal kontainer dengan panjang 238 meter dan berat 40.594 ton.

Pihak kejaksaan memasuki kapal dan melakukan penyelidikan atas insiden tersebut, demikian dilaporkan Il Secolo XIX.

(S022/H-AK) 

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013