... ini bukan cuma harapan saya, tetapi juga harapan kita bersama... "
Jakarta (ANTARA News) - Hari ini Kota Jakarta berulang tahun ke-486. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan harapan khusus dalam perayaan HUT Kota Jakarta kali ini.

Dalam perayaan ulang tahun kali ini, Jokowi berharap agar Jakarta dapat menjadi kota yang terus maju dan berkembang seiring dengan pergantian zaman.

"Harapan saya, semoga Jakarta terus maju dan maju terus. Saya rasa ini bukan cuma harapan saya, tetapi juga harapan kita bersama. Semoga Jakarta terus berkembang seiring kemajuan zaman," kata Jokowi, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Sabtu.

Menurut Jokowi, pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan fokus terhadap penyelesaian permasalahan yang sampai saat ini masih terjadi di ibukota, yaitu macet dan banjir. 

Walau jalan tol, jalan layang, dan lintas bawah dibangun di mana-mana namun pertambahan jumlah kendaraan menjadi penyumbang kemacetan parah itu.

"Memang banyak permasalahan yang dihadapi kota Jakarta dan kita akan selesaikan itu satu-persatu secara bertahap. Namun, untuk saat ini, masalah macet dan banjir akan menjadi perhatian utama kita," ujar Jokowi.

Jokowi mengakui hingga saat ini pembangunan infrastruktur yang dianggap sebagai solusi atas kedua masalah tersebut masih belum dilakukan secara optimal.

"Pembangunan infrastruktur di ibukota memang belum optimal, tapi kita akan terus berupaya bekerja dengan cepat, mengebut pembangunannya, sehingga kedua permasalahan itu bisa cepat diatasi," tutur Jokowi. 

Salah satu terobosan yang tengah dikebut adalah pembangunan infrastruktur dan operasionalisasi monorel sepanjang 31 kilometer, yang dicanangkan bisa dinikmati pada awal 2016 nanti. Sebagai kota megapolitan, Jakarta sama sekali belum memiliki infrastruktur pergerakan dan transportasi massal yang memadai dan bisa diandalkan.

Meskipun demikian, Jokowi meminta agar warga tetap bersabar karena pembangunan infrastruktur bukan merupakan proses yang singkat, tetapi membutuhkan waktu yang cukup panjang. 

(R027)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013