Jakarta (ANTARA) - Bertepatan dengan perayaan ulang tahun Jakarta ke-496, Google memberikan kiat menjelajahi kota ini memanfaatkan layanan-layanan yang tersedia, salah satunya Google Maps.

Pertama, seperti melalui keterangan tertulis mereka, Senin, berkeliling menggunakan rute angkutan umum menggunakan Google Maps. Seseorang bisa memeriksa jadwal dan moda transportasi yang bisa digunakan dari lokasi berada ke tempat tujuan. Caranya, buka aplikasi Google Maps kemudian tentukan lokasi tujuan dan pilih jenis kendaraan (transportasi umum).

Baca juga: Ingin dapat insentif startup Google 350.000 dolar AS, simak syaratnya

Selanjutnya, cari jam sibuk tempat yang ingin dikunjungi. Padatnya aktivitas harian, sering kali menyulitkan seseorang untuk mencari tempat yang sepi dari hiruk pikuk kota Jakarta.

Tidak jarang dia terjebak macet di jalan hingga batal pergi ke suatu tempat. Dengan memanfaatkan Google Search, seseorang bisa merencanakan perjalanan termasuk mencari jam sibuk lokasi yang ingin dikunjungi.

Caranya, jika melalui perangkat PC atau laptop, ketik lokasi tujuan di Google Search, lalu akan muncul keterangan lebih lanjut di layar sebelah kanan. Seseorang dapat mencari tahu mengenai informasi jam sibuk suatu lokasi di kolom tersebut.

Berikutnya, belajar sejarah Jakarta lewat Google Arts & Culture. Menggunakan Google Arts & Culture, seseorang bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah secara virtual. Caranya, unduh aplikasi Google Arts & Culture di Apps Store, lalu ketik di pencariannya bangunan bersejarah atau lokasi museum yang ingin diketahui.

Baca juga: Google Magic Compose manfaatkan AI Bard untuk pesan singkat

Communication Manager, Google Indonesia Feliciana Wienathan mengatakan perayaan ulang tahun Jakarta merupakan momentum yang dinanti dan selalu seru dirayakan oleh masyarakat ibu kota. Google Trends, sambung dia, menunjukkan berbagai cara masyarakat untuk merayakannya.

Lebih lanjut mengenai perayaan ulang tahun Jakarta, Google memperlihatkan data tipe makanan yang trending yakni jajan. Jajanan khas Jakarta banyak menjadi kata kunci yang dicari oleh masyarakat di Indonesia dari berbagai daerah.

Penelusuran seputar kue cucur pun meningkat sebanyak lebih dari 60 persen dalam setahun terakhir, menjadi istilah penelusuran terpopuler di Google selama setahun ke belakang.

Tak hanya makanan, minuman khas Jakarta yang juga banyak dicari khususnya warga Jakarta didominasi oleh bir pletok, es doger dan es selendang mayang. Pencarian mengenai asal dari es doger juga mengalami kenaikan hingga lebih dari 90 persen.

Berbicara transportasi di Jakarta, penelusuran seputar LRT, dan TransJakarta masing masing naik lebih dari 70 persen, sedangkan Jakarta MRT mengalami peningkatan lebih dari 90 persen.

Tidak hanya itu, Jak Lingko sebagai moda transportasi umum jenis bus kecil (Mikrotrans) yang dapat diakses masyarakat dengan tarif Rp 0, mencuri begitu banyak perhatian warga Jakarta, dengan pencarian cara beli kartu Jak Lingko mengalami peningkatan lebih dari 110 persen selama setahun terakhir.

Baca juga: Kiat liburan ala Google, penawaran bagus untuk penerbangan hingga rute

Baca juga: Google sediakan 5.000 beasiswa keterampilan digital untuk Kemenkominfo

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023