Jakarta (ANTARA News) - Film karya sutradara Danial Rifki, "La Tahzan (Jangan Bersedih)" akan tayang di bioskop seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

"Tayang tanggal 2 Agustus," kata Danial Rifki, saat mengadakan jumpa media di Falcon Pictures, Jakarta Selatan.

Film tersebut diangkat dari novel karya Lisman Suryanegara dan kawan-kawan berjudul "La Tahzan for Student".

Dari kumpulan cerita yang ada di buku tentang pengalaman orang Indonesia yang tinggal di Jepang, kata Danial, ia mengangkat kisah berjudul "Pelajar Setengah TKI" karya Ellnovianty Nine.

"Dari cerita itu, kami terjemahkan menjadi sosok Hasan dan Viona. Lalu ada juga tokoh orang Jepang, Yamada," kata Danial.

Ia pun menggandeng Atiqah Hasiholan untuk menjadi Viona, pelajar Indonesia di Jepang; Ario Bayu sebagai Hasan yang seorang tenaga kerja; dan Joe Taslim menjadi Yamada. "La Tahzan (Jangan Bersedih)" bercerita seputar hubungan antara Viona, Yamada, dan Hasan.

Membuat film yang diangkat dari novel tidak membuat Danial merasa terbebani. Penulis naskah film "Tanah Surga..Katanya" itu berpendapat buku dan film memiliki sisi yang menarik dengan caranya masing-masing.

"Bagi saya, ini menantang membuat film dengan rasa yang sama di buku," katanya.

Untuk membuat film ini, Danial dan 20 pendukung film ini terbang ke Jepang selama 12 hari untuk melakukan pengambilan gambar.

Film garapannya ini,menurutnya, seperti film klasik Indonesia yang memadukan kekuatan cerita dan keindahan alam. Selebihnya, mereka melakuk syuting di Jakarta selama tiga hari.

"Proporsinya 80 persen di Jepang, 20 persen di Indonesia," katanya.

Tayang saat libur hari raya, aktris Atiqah Hasiholan berharap film tersebut bisa menjadi pilihan pecinta film untuk mengisi liburan.

"Pinginnya membekas di hati penonton, nggak sekedar lewat," tutupnya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013