Manila (ANTARA News) - Badai tropis dengan nama internasional "Soulik" dengan cepat menjadi topan dan berada di luar batas timur Wilayah Tangungjawab Filipina (PAR), kata Badan Layanan Atmosfir Geofisika dan Astronomi Filipina (PAGASA).

PAGASA mengatakan bahwa topan "Soulik" diperkirakan masuk ke PAR pada Rabu pagi dan berubah dengan nama lokal "Huaning" -sebagai topan pertama, yang mengunjungi negara itu dalam bulan ini dan kedelapan dalam setahun.

PAGASA mengatakan bahwa ketika pukul 10.00 waktu setempat Selasa topan "Soulik" diperkirakan berada di 1.680 km Timur Basco, Batanes mengemas angin dengan kecepatan maksimum 120 kilometer per jam (kph) dengan angin ikutan 150 kph. Diperkirakan akan bergerak ke barat dengan kecepakatan 20 kph.

Badan cuaca menambahkan bahwa topan itu diperkirakan akan keluar dari wilayah Filipina utara pada Sabtu pagi dengan tujuan ke utara Taiwan.

Ia menambahkan bahwa topan "Soulik" tidak akan berdampak langsung terhadap bagian dari negara itu pada Selasa sampai Rabu.

Namun, PAGASA mengatakan bahwa "Soulik" akan meningkatkan angin monson barat daya dan akan membawa hujan di bagian barat negara itu mulai Kamis.

(H-AK)