Mungkin nanti waktunya sedikit dikurangi. Tetapi materi latihan, semuanya normal seperti biasa,"
Jakarta (Antara News) - Tim nasional basket putera yang tergabung dalam pelatnas tetap menjalani latihan normal selama Ramadhan sebagai persiapan mereka jelang SEA Games Myanmar 2013.

Jadwal latihan tidak berubah yakni latihan pagi dan sore masing-masing selama tiga jam setiap hari. Khusus Rabu dan Sabtu, tim ditempa latihan fisik dan sisanya latihan teknik.

"Mungkin nanti waktunya sedikit dikurangi. Tetapi materi latihan, semuanya normal seperti biasa," kata salah satu atlet pelatnas, Christian Ronaldo Sitepu.

Pemain Indonesia Warriors yang akrab disapa Dodo itu mengatakan perkembangan timnas semakin bagus. Hal itu karena banyak pemain-pemain muda dengan usia yang tidak terpaut jauh sehingga masing-masing pemain cepat saling beradaptasi.

Maka Dodo yakin target yang dibidik pengurus untuk meraih medali perunggu pada ajang multievent yang berlangsung Desember mendatang itu bisa mereka raih.

"Sebenarnya belum bisa ngomong banyak karena pemain belum semuanya gabung. Kalau target dari manajemen memang perunggu tetapi kami ada kesempatan untuk perak. Tentunya kita akan usaha maksimal," ujar Dodo yang menyebut Filipina, Thailand, dan Malaysia sebagai pesaing yang patut diwaspadai.

"Kalau target pribadi maunya mengejar medali perak," tambahnya. Dari 17 pemain yang tergabung dalam timnas, baru 12 orang yang sudah menjalani latihan rutin karena beberapa diantaranya masih berhalangan termasuk Arki Dikania Wisnu yang masih harus menjalani cedera lututnya.

"Semoga dua minggu lagi saya sudah bisa gabung dengan timnas. Saat ini masih terapi juga latihan ringan seperti jogging dan sepeda. Perkembangan ada tapi pelan," kata pemain yang sempat bermukim di Amerika Serikat itu.

Bergabung di pelatnas merupakan pengalaman pertama bagi Arki. Dengan cedera yang ia alami, Arki berharap tetap dapat tampil maksimal karena dari timnas yang terbentuk sekarang akan kembali diseleksi sehingga total pemain mengerucut menjadi 12 pemain.

"Saya senang bisa dipanggil masuk timnas, kalau bisa main akan berikan yang terbaik. Tetapi mengalir saja, saat ini saya fokus untuk sembuh dulu," tuturnya.

Timnas yang dipersiapkan untuk SEA Games 2013 juga merupakan tim yang nantinya akan diturunkan pada Islamic Solidarity Games (ISG) September mendatang di Palembang, Sumatera Selatan.

Oleh karena itu, seleksi pemain dari 17 menjadi 12 pemain dipercepat dan akan dilakukan pada 5 Agustus agar persiapan bisa lebih fokus.

Sebelumnya, sebagian pemain telah menjalani tes fisik berupa bleep test dan lari sejauh 300 meter. Rencananya timnas juga akan melakukan uji coba ke Filipina dan Taiwan. M047

Pewarta: Monalisa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013