investasi yang disiapkan untuk pembangunan empat ruas jalan tol tahap pertama tersebut sebesar lebih dari Rp31,5 triliun.
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto mengatakan, pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera tahap pertama akan dilakukan di empat ruas sepanjang 323,8 kilometer.

"Jalan Tol Trans-Sumatera memiliki panjang 2.700 kilometer. Pembangunan tahap pertama dilakukan di empat ruas sepanjang 323,8 kilometer," kata Menteri PU Djoko Kirmanto seusai menghadiri rapat koordinasi di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian, di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan empat ruas yang telah disetujui masuk sebagai pembangunan tahap pertama yakni ruas Medan--Binjai 16,8 kilometer, Pekanbaru--Dumai 135 kilometer, Indralaya--Palembang 22 kilometer dan Bakauheni--Terbanggi Besar 150 kilometer.

Sementara investasi yang disiapkan untuk pembangunan empat ruas jalan tol tahap pertama tersebut sebesar lebih dari Rp31,5 triliun, dengan masing-masing alokasinya antara lain ruas Medan--Binjai Rp2 triliun, Pekanbaru--Dumai Rp14,7 triliun, Indralaya--Palembang lebih dari Rp1 triliun dan Bakauheni--Terbanggi Besar Rp13,8 triliun.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan, `ground breaking` atau pemancangan pertama empat ruas jalan tol tahap pertama itu akan dilakukan mulai tahun ini, dan selanjutnya secara bertahap untuk total 23 ruas proyek jalan Tol Trans-Sumatera sepanjang 2.700 kilometer yang akan menghubungkan Lampung dengan Banda Aceh.

"Kita inginkan adanya percepatan, oleh karena itu ada penugasan terhadap BUMN, dan nanti akan ada turunan melalui perpres," kata Hatta Rajasa di tempat yang sama.

Sebelumnya Direktur Jenderal Bina Marga, Djoko Murjanto mengatakan, bahwa jalan tol Trans Sumatera harus dibangun sebelum perekonomiannya berkembang.

Kajian trase Trans Sumatera sudah dilakukan sejak tahun 2010, dengan konsep awal high grade highway. Studinya sudah disusun dalam Master Plan Arterial Road of Sumatera (MARS).

Jalan tol ini terdiri dari tujuh ruas utama dengan total panjang ruasnya 2.700 km. Kementerian PU hanya akan membangun jalan tol Sumatera pada ruas-ruas dan daerah-daerah yang memiliki kelayakan finansial, tambah Murjanto.

Tujuh ruas itu yaitu, Lampung--Palembang (358 km), Palembang-- Pekanbaru (610 km), Pekanbaru-- Medan (548 km), Medan--Banda Aceh (460 km), Palembang--Bengkulu (303 km), Pekanbaru--Padang (242 km), dan Medan--Sibolga (172 km).

(R028)

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013