Saya sangat senang telah mengamankan kontrak Victor karena kami adalah pengagum bakatnya...
London (ANTARA News) - Southampton menggaet pemain Kenya Victor Wanyama dari klub Skotlandia Glasgow Celtic, Kamis, yang dilaporkan sebagai rekor transfer bagi klub Inggris tersebut, yakni sebesar 12,5 juta pound.

Wanyama menyetujui kontrak empat tahun dengan klub Liga Premier itu setelah negosiasi panjang dan kedatangannya diyakini telah memecahkan rekor transfer sebelumnya ketika merekrut Gaston Ramirez dari Bologna tahun lalu.

Pemain berusia 22 tahun itu melampaui transfer Spartak Moscow saat membeli Aiden McGeady dari Celtic sebesar 9,5 juta pound tiga tahun lalu, itu membuat Wanyama menjadi pemain paling mahal yang ditransfer dari sepak bola Skotlandia.

Kontraknya juga mencatatkan transfer termahal yang pernah terjadi dalam sepak bola Skotlandia, memecahkan rekor transfer klub asal Skotlandia Rangers sebesar 12 juta pound untuk membeli Tore Andre Flo.

Wanyama bermain di Celtic selama dua tahun, sebelumnya ia membela klub Belgia Beerschot. Ia memilih kaos nomor 67 dan dengan cepat menjadi favorit penggemar.

Wanyama pemain yang bersinar di klub raksasa Glasgow Celtic dan penampilannya di Liga Champions memikat manajer Southampton Maurico Pochettino.

"Saya sangat senang telah mengamankan kontrak Victor karena kami adalah pengagum bakatnya dan dia akan cocok bersama tim di sini di Southampton," kata Pochettino seperti dikutip AFP.

"Saya ingin menekankan bahwa kesepakatan ini seharusnya dilakukan lebih awal, tapi ini menunjukkan bahwa kita melakukan bisnis," kata dia..

"Yang paling penting adalah bahwa kami sendiri, Celtic dan pemainnya semua senang dengan cara itu," ujar dia.

"Fakta bahwa banyak klub-klub top Eropa yang juga tertarik untuk mengontraknya menunjukkan betapa menariknya prospek di Klub Sepak Bola Southampton bagi pemain yang telah menentukan pilihannya dari tim-tim Inggris dan luar negeri," ujar dia.

"Saya melihat penampilannya pada level atas di Liga Champions, dan saya yakin bahwa ia akan menjadi tambahan berharga bagi skuat Liga Premier kami untuk musim depan," kata dia.

Penerjemah: Azis Kurmala

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013