Pasar murah sembako merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban ekonomi bagi masyarakat pra sejahtera yang ada di daerah ini,"
Mamuju (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan tetap menyiapkan kegiatan pasar murah sembako menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah mendatang.

"Pasar murah sembako merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Hal ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban ekonomi bagi masyarakat pra sejahtera yang ada di daerah ini," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sulbar, Rasyid Tumpang di Mamuju, Selasa.

Menurutnya, kegiatan pasar murah akan dikoordinir langsung Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Sulbar.

"Saya tidak bisa merinci sembako yang akan dijual jelang lebaran yang akan datang. Namun biasanya, sembako yang dijual di antaranya mentega, kecap, susu, terigu, gula, sirup dan lainnya," ungkapnya.

Ia menyampaikan, dana yang melekat pada Diskoperindag Sulbar untuk pengadaan sembako hanya sekitar Rp235 juta yang diharapkan mampu meringkan beban ekonomi masyarakat.

"Beban ekonomi khususnya ummat muslim yang akan melaksanakan Hari Raya Idul Fitri tentu sangat tinggi. Karena itu, pemerintah mempersiapkan kegiatan pasar murah untuk meringankan beban masyarakat pra-sejahtera saat lebaran tiba," tuturnya.

Rasyid menyampaikan, dirinya belum mengetahui titik mana saja yang akan dijadikan sasaran penjualan pasar murah sembako tersebut.

"Tahun lalu kegiatan pasar murah ditempatkan di Mamuju. Saya belum mendapatkan informasi titik daerah kegiatan pasar murah sembako tahun ini," ungkap Rasyid.

Ia menambahkan, pengadaan sembako murah tetap ditenderkan atau pihak ketiga selanjutnya barangnya disalurkan oleh Diskoperindag Sulbar.

Rasyid juga menyampaikan, harga kebutuhan sembako yang dijual pasti lebih murah dibandingkan yang ditawarkan oleh pedagang yang ada di pasar-pasar tradisional.

Karena itu, kata dia, masyarakat diharapkan memanfaatkan momentum ini sehingga beban ekonomi masyarakat miskin jelang lebaran sedikitnya teratasi.
(KR-ACO/T007)

Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013