Karawang (ANTARA News) - Polres Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan membuat 170 Pos Penjagaan dan Pengaturan di sepanjang jalur mudik Lebaran 2013 guna mengatasi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Kasatlantas Polres Karawang AKP M. Rano Hadiyanto di Kerawang, Selasa mengatakan bahwa ratusan Pos Penjagaan dan Pengaturan tersebut akan disebar di jalur mudik sepanjang 43,2 kilometer mulai dari Tanjungpura sampai Gamon Jatisari, perbatasan Karawang-Subang.

"Selain itu, kita juga akan mendirikan empat pos pelayanan dan 31 pos pengamanan di sepanjang jalur mudik Lebaran," katanya.

Dikatakannya, keberadaan pos pengamanan, pos pelayanan serta pos penjagaan dan pengaturan itu merupakan bagian terpenting dalam Operasi Ketupat 2013. Sehingga operasi selama mudik Lebaran 2013 berjalan lancar.

"Kita juga sudah mendata SPBU, jumlah terminal, u-turn (putaran arah), pertigaan, perempatan, serta pasar tumpah. Pos-pos tersebut rencananya akan dibangun H-3 sebelum diberlakukan Operasi Ketupat 2013 atau pada H-10 Lebaran," katanya.

Ia mengimbau agar para pemudik yang menggunakan sepeda motor memperhatikan beberapa titik yang memicu kemacetan, seperti di Pertigaan Tanjungpura, Lamaran, Dawuan, Pertigaan Mutiara, Simpang Jomin, Cikampek, dan lain-lain.

Tetapi, kata dia, titik krusial yang mengakibatkan kemacetan ialah pasar tumpah. Karena itu pemudik bisa menghindari ruas tersebut ke jalur alternatif.

Pewarta: M. Ali Khumaini
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013