Sungai Raya, Kalbar (ANTARA News) - Arus mudik di Bandara Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), pada lima hari sebelum perayaan Lebaran tahun 2013 ini mulai mengalami kenaikan sebesar 19 persen.

"Pada lima hari menjelang pelaksanaan hari raya Idul Fitri, arus mudik di Bandar Udara Supadio Kabupaten Kubu Raya mulai mengalami peningkatan hingga 19 persen. Hal ini bisa dilihat sendiri dari antrian panjang yang terjadi di ruang tunggu sejak satu pekan lalu," kata Kepala Divisi (Kadiv) Operasional Bandara Supadio, Syarif Usmulyani, di Sungai Raya, Sabtu.

Dia menambahkan, peningkatan arus mudik cukup siginifikan juga dapat dilihat dari lonjakan antrian penumpang terjadi dari conter satu sampai dengan 16 yang sudah penuh. Bahkan, PT. Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak harus memberi himbauan kepada maskapai penerbangan untuk membuka check-in counter lebih awal daripada biasanya.

Usmulyani menuturkan, pembukaan check-in counter lebih awal sangat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan antrian pada saat chek in. Karena seperti yang diketahui, saat ini lonjakan penumpang meningkat hingga 17 sampai dengan 19 persen dari hari-hari biasanya.

"Bandara Supadio harus siap dengan segala fasilitas, sarana dan prasarana yang dimiliknya untuk mengantisipasi lonjakan penumpang," tuturnya.

Dia juga memprediksi puncak kepadatan penumpang di Bandara Supadi Kabupaten Kubu Raya baru akan terjadi tiga hari sebelum pelaksanaan hari raya.

"Kalau melihat kondisi yang ada, prediksi saya H-3, tapi dengan berbagai persiapan yang telah kami lakukan, kami meyakini semuanya biasa terlayani dengan baik," ujar dia.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013