Jakarta (ANTARA News) - Pebalap Andhika Sasabone (16) menyatakan siap memperbaiki posisinya pada putaran kedua kejuaraan Formula Piala Asia (BMW) di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia, akhir Agustus 2013, setelah dalam putaran pertama ia naik podium ketiga.

Perlombaan Formula Piala Asia pada musim 2013 berlangsung dalam empat putaran, diikuti 20 pebalap berdatangan dari Jepang, Malaysia, Indonesia dan Rusia.

"Sebagai pebalap tentu saya siap untuk berlaga pada putaran kedua dan saya ingin memperbaiki posisi saya," kata Andhika kepada media saat berbuka puasa bersama di Jakarta, Sabtu.

Daniel Woodroof dari Malaysia dan Arjun Maini dari India, berada di posisi pertama dan kedua pada perlombaan putaran pertama adu kecepatan di sirkuit internasional yang juga tempat kejuaraan Grand Prix F1 Malaysia itu.

Andhika yang sudah berpengalaman mengikuti perlombaan karting Eropa, tapi mengikuti balapan Formula untuk pertama kali, saat itu menorehkan total waktu 23 menit 20,672 detik, sedangkan Woodroof (23:15. 460) dan Arjun Maini (23:19. 533), setelah melaju dalam 10 putaran.

Andhika yang pada balapan itu menempati posisi grid ketiga, mengatakan, pada balapan putaran kedua pada 31 Agustus-1 September mendatang, ia akan berusaha untuk mengimbangi kecepatan lawan.

"Karena ini perlombaan sejenis dengan mesin dan sasis sama, maka tinggal tergantung pebalap saja untuk menunjukkan kepiawaian mereka dalam mengendalikan kendaraannya," kata Andhika yang sekolah di Singapura setingkat kelas tiga sekolah menengah atas dan berniat melanjutkan sekolahnya di Inggris.

Art Sasabone, ayah Andhika yang juga mantan pebalap seangkatan pebalap nasional Hutomo MP, menyatakan puteranya akan melakukan latihan dalam waktu dekat di Sirkuit Sepang. "Kita tunggu waktu kapan Andhika dapat kesempatan untuk latihan sebelum berlomba putaan kedua," kata Art.

Setelah perlombaan putaran kedua 31 Agustus-1 September, putaran ketiga dilanjutkan pada 2-3 November dan putaan keempat pada 7-8 Desember.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013