Moody`s akan menilai kekuatan yang bertentangan yang mungkin berdampak pada pemegang obligasi di tingkat perusahaan induk yang akan menjadikan bank tertekan secara finansial
New York (ANTARA News) - Lembaga pemeringkat Moody`s sedang mempertimbangkan penurunan peringkat untuk empat bank besar AS, karena perkiraan pengurangan dukungan pemerintah di bawah reformasi keuangan.

JPMorgan Chase, bank terbesar AS berdasarkan aset, Wells Fargo, bank investasi bank Goldman Sachs serta Morgan Stanley ditempatkan di bawah tinjauan untuk penurunan peringkat kredit, demikian kata Moody's, Kamis.

Dua bank lainnya -- Bank of America, bank terbesar kedua di AS, dan Citigroup -- juga berada di bawah tinjauan tetapi arah peringkat mereka belun pasti, Moody`s mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Moody`s menyatakan bahwa enam bank terbesar AS berada di bawah tinjauan karena "menilai pengurangan asumsi dukungan pemerintah (atau sistemik) mencerminkan dampak kebijakan resolusi bank AS."

Moody`s mengatakan sedang mengevaluasi dampak reformasi keuangan pemerintah yang didorong oleh krisis keuangan 2008.

Bank-bank terbesar telah dipaksa sampai pada rencana untuk "dismantlement" mereka dalam hal bahwa mereka menjadi bangkrut dan gagal.

Tujuannya agar mereka dapat menyelesaikannya tanpa memaksa pemerintah untuk masuk dan menopang mereka ketika terjadi krisis keuangan.

"Karena kebijakan resolusi bank AS terus berkembang, Moody`s akan menilai kekuatan yang bertentangan yang mungkin berdampak pada pemegang obligasi di tingkat perusahaan induk yang akan menjadikan bank tertekan secara finansial," kata perusahaan itu.

"Yang pertama adalah tingkat dukungan sistemik yang lebih rendah yang dapat mengakibatkan probabilitas kegagalan lebih tinggi."

"Yang kedua adalah potensi untuk latihan lebih teratur dan kebutuhan tingkat minimum pemegang utang perusahaan yang mungkin membatasi kerugian dalam peristiwa default (gagal)."

Moody`s pada Maret mengumumkan bahwa mereka akan menilai kembali asumsi dukungan untuk bank-bank di AS dan akan mempertimbangkan apakah akan merevisi asumsi mereka pada akhir tahun.
(A026)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013