Jakarta (ANTARA News) - Anime Festival Asia Indonesia 2013 bisa jadi surga bagi para pecinta budaya populer negeri Sakura. Ribuan pengunjung memenuhi sudut-sudut Plenary Hall, Balai Sidang Jakarta Convention Center.


Sebagian dari mereka mengenakan kaos-kaos bergambar anime, bahkan ada yang niat ber-cosplay seperti muncul langsung dari kartun dengan wig warna-warni dan kostum heboh.

Yang lain berkerumun di beragam booth yang menjual pernak-pernik asli, seperti Bandai, Tamashii Nations, dan Bushiroad. Mereka menyediakan banyak barang koleksi seperti action figure One Piece, Gundam, dan Kamen Rider alias Ksatria Baja Hitam.

Para komikus dan seniman Indonesia pun unjuk gigi di bagian Creators Hub. Mereka memamerkan karyanya dalam bentuk komik, kartu pos, dan pernak-pernik lain.

Fashion "kawaii" alias imut dari Jepang pun diperkenalkan. Tidak tanggung-tanggung, ada penata rambut asal Jepang siap menyulap rambut pengunjung agar menyerupai para perempuan modis Jepang di wilayah Harajuku atau Shibuya.

Kuliner khas Jepang seperti takoyaki dan bento pun tersedia. Juga Maid dan Butler Cafe yang ramai antrean demi merasakan sensasi kafe yang biasa tersebar di Akihabara.

Penikmat musik anime pun menanti konser Anisong (Anime Song) yang menampilkan beberapa artis Jepang, seperti Aya Hirano, Eir Aoi, dan May'n.

Salah satu pengunjung yang juga mengikuti AFA ID 2012, Jimi Hujaemi (25) mengaku cukup puas dengan perkembangan acara tersebut.

"Tahun ini lebih lega dan tidak sumpek seperti tahun lalu. Tempatnya juga lebih strategis," komentarnya.



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013