Yogyakarta (ANTARA News) - India dan Kamboja tampil pada hari pertama Festival Ramayana Internasional 2013 di panggung terbuka Ramayana, Candi Prambanan, Yogyakarta, Jumat malam.

Festival yang dibuka Direktur Jenderal Kebudayaan Kacung Marijan itu, diawali dengan penampilan kontingen dari Republik India dengan episode `Sayembara Untuk Sita` yang dibawakan oleh 25 penari.

Tarian yang dibawakan para penari putera dan puteri dari Shiram Bharatiya Kala Kendra itu, menceritakan tentang Rama yang merupakan reinkarnasi Vishnu.

Ia lahir sebagai putera sulung empat putera Raja Dashrath Ayodhya.

Selain itu, menceritakan pertemuan antara Rama dan Sita, setelah memenangkan sayembara mematahkan busur panah.

Kemudian, tampil kontingen dari Kamboja dengan episode `Pengasingan Rama dan Penobatan Bharata` yang menceritakan saat Rama pulang ke Ayodhya.

Dasarrtha ingin igion menjadikan Rama sebagai raja. Namun, istrinya, Kaikeyi tidak setuju karena termakan hasutan Kubja, pelayan kesayangannya, yang memendam dendam pada Rama.

Festival Ramayana Internasional 2013 yang digelar pada 6--9 September itu, juga menggelar seminar dan workshop.

Seminar yang diselengggarakan Balai Pelestarian Nilai Budaya Yogyakarta tersebut, bertujuan membahas perkembangan Ramayana di beberapa negara.

"Sedangkan workshop akan diselenggarakan di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan ISI Surakarta," kata Kacung Marijan.
(H008/M008)

Pewarta: Heru Jarot
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013