Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Pertemuan akhir para Pejabat Tinggi KTT APEC 2013 (CSOM APEC 2013) menyepakati 20 proposal utama yang diajukan Indonesia.

"Sebanyak 20 proposal utama (deliverables) kita diterima, sekitar 97 persen baik yang baru maupun yang lama sudah diterima, ada yang diterima langsung, ada juga yang masih memerlukan penajaman lebih lanjut," kata Ketua Sidang Pejabat Senior (SOM) APEC, Yuri Thamrin, dalam jumpa pers, di Nusa Dua, Bali, Selasa.

CSOM APEC diadakan dua hari; 1-2 oktober 2013. Hasil pertemuan CSOM APEC akan dilaporkan pada Pertemuan Para Menteri APEC, 4-5 Oktober 2013.
     
Semua hasil akhir akan diketok palu oleh Presiden Susilo Yudhoyono pada KTT APEC, 7-8 Oktober 2013.

Proses penerimaan yang mulus itu, dikatakan Yuri, karena isu-isu tersebut sudah dibahas hampir setahun dalam sekitar 180 pertemuan dan disampaikan secara baik. Dia istilahkan, mengenalkan sejak awal semakin baik agar bisa diterima. 

Dari ke-20 usulan yang dibawa Indonesia, ada beberapa yang krusial, di antaranya mendukung sistem perdagangan multilateral dan memastikan tercapainya hasil nyata pada Pertemuan Menteri WTO, di Bali Desember 2013 mendatang.

Selain itu, Indonesia mendorong peningkatan perdagangan jasa di kawasan Asia PAsifik, mendorong pembangunan konektivitas APEC yang mendukung konektivitas di ASEAN dan Indonesia.

CSOM APEC diadakan dua hari; 1-2 oktober 2013. Hasil pertemuan CSOM APEC akan dilaporkan pada pertemuan APEC Ministrial Meeting tanggal 4-5 Oktober 2013.
     
Semua hasil akhir akan diketok palu oleh Presiden Susilo Yudhoyono, pada KTT APEC 2013, 7-8 Oktober 2013.