... nanti Dirjen WTO, Roberto Azevedo, berdiskusi dengan para pemimpin APEC... "
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Hasil pertemuan akhir para Pejabat Tinggi Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (CSOM APEC) 2013 menyebutkan CSOM APEC berkomitmen pada sistem perdagangan multilateral.

"Fokus pembahasan CSOM APEC kali ini memfinalisasi rancangan stand alone system yang nanti akan diterbitkan para pemimpin ekonomi anggota APEC," kata Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan, Imam Pambagyo, usai mengikuti CSOM APEC, di Hotel Laguna, Nusa Dua Bali, Senin.

Isi rancangan antara lain menegaskan CSOM APEC berkomitmen pada sistem perdagangan multilateral. Selain itu, APEC berkomitmen memperpanjang tenggat waktu untuk kebijakan-kebijakan yang dianggap perfeksionis sampai 2014.

Terakhir, APEC mendorong ekonomi anggota WTO untuk lebih aktif dan proaktif dalam pertemuan WTO Desember mendatang.

Dia mengatakan, rancangan tersebut sudah 95 persen selesai.

"Tinggal nanti Dirjen WTO, Roberto Azevedo, berdiskusi dengan para pemimpin APEC pada 4 Oktober 2013, kalau ada elemen baru yang muncul dari sana, nanti akan ditambahkan," katanya.

CSOM APEC akan dilanjutkan Rabu dengan pembahasan antara lain mengenai tema pencapaian pertumbuhan yang berkelanjutan dan merata atau sustainable growth with equity

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013