New York (ANTARA News) - Lou Reed, musisi yang memberi pengaruh pada blantika musik rock Amerika Serikat dengan kelompok Velvet Underground, tutup usia pada Minggu, dalam usia 71 tahun.

Reed, yang dengan band-nya menggabungkan musik dan seni bekerja sama dengan artis pop Andy Warhol, meninggal di rumahnya di Long Island, tempatnya bermukim bersama istrinya, Laurie Anderson.

Musisi yang mendapat penghargaan melalui lagu solo "Walk on the Wild Side" itu, meninggal akibat  komplikasi dari pencangkokan hati, yang dijalaninya pada awal tahun, kata agennya, Andrew Wylie.

"Bagi saya Reed adalah artis besar seperti yang semestinya," kata Wylie. "Ini kehilangan yang besar," katanya.

The Velvet Underground didirikan bersama oleh Reed dan pemusik klasik asal Welsh, John Cale pada pertengahan 1960-an, sebagai pionir kelompok rock eksperimen. Band ini mendapatkan perhatian Warhol setelah mengguncang New York Club.

Meskipun tidak pernah berhasil mendulang sukses dari sisi pemasaran, band itu menggebrak dunia rock pada 1960-1970-an dengan perpaduan pukulan gitar dan melodi lembut yang dinyanyikan oleh Reed atau Nico, si model Jerman.

Velvet Underground sudah lama dikenal sebagai pemberi pengaruh pada aliran punk dan rock seperti yang tercermin dalam penjualan album pertama yang hanya terjual 10 ribu rekaman, tetapi semua pembelinya membentuk grup band.

Neil Protnow, ketua Akademi Nasional Rekaman Seni dan Ilmiah, menyebut Reed "memperkenalkan avant-garde rock ke arus utama".

"Gaya yang unik dengan gitar protolan dan memainkan lirik-lirik puitis, berpengaruh besar di seluruh genre rock termasuk punk dan alternatif," kata Portnow.

Rekan sesama pionir, David Bowie yang membantunya memproduksi album kedua Reed dan yang sering disebut sebagai penerusnya, mengunggah rekaman ketika kedua bintang itu tampil bersama di laman Facebook dengan menulis kalimat tentang teman lamanya, "Ia adalah ahli."

Cale yang bermain bass, juga menulis di Facebook "Dunia kehilangan seorang penulis lagu dan puisi ... aku kehilangan seorang `teman sekolah`."

Reed dan Cale mengesampingkan perbedaan mereka untuk mengeluarkan album peringatan bagi Warhol tahun 1990 yang disebut "Songs for Drela". Album itu merupakan reuni anggota The Velvet Underground untuk tampil bersama, yaitu dengan pemain gitar Sterling Morrison dan penggebuk drum Maureen Tucker pada awal 1990.

Sebagai peminum berat dan pengguna narkoba selama bertahun-tahun, Reed menjalani operasi cangkok hati awal tahun ini di Cleveland, ungkap istrinya, setelah ia menunda serangkaian konser ke California yang dijadwalkan pada April.

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013