Makassar (ANTARA) - Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam menyambut antusias kerja sama pihaknya dengan grup musik country asal Amerika Serikat Ashley Campbell Band.

Prof Husain Syam di Makassar, Selasa, mengatakan, pihaknya bersama Ashley Campbell Band melakukan kerja sama dengan UNM melalui Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, sebagai bagian dari program diplomasi budaya dan kesenian antar-negara.

Kerja sama dalam pertukaran kultur, budaya dan kesenian ini, kata dia, dilakukan karena UNM merupakan salah satu kampus di Indonesia yang selama ini menghasilkan para seniman lokal yang mendunia khususnya di bidang seni musik.

Baca juga: Musisi Country Amerika workhop musik di UNM

Ia menjelaskan, pertukaran kultur dan budaya seni antara Amerika Serikat dan UNM dinilai cukup penting karena secara langsung melihat seperti apa warna musik dan budaya yang ada di Negeri Paman Syam tersebut.

"Perpaduan musik country dan musik nusantara ini memang sangat enak di dengar, semoga kerjasama ini bisa lebih baik kedepannya dengan mempromosikan seperti apa budaya lokal di Indonesia dan Amerika Serikat," ujarnya.

Baca juga: Musisi country AS Ashley Campbell siapkan konser di Ambon

Dalam kesempatan ini, Ashley Campbell Band menggelar konser musik dihadapan para pimpinan UNM serta mahasiswa yang hadir langsung dalam agenda Nature's Rythm "A Celebration Of Country Music with Ashley Campbell".

Rektor dua periode ini juga begitu menghayati setiap lagi yang dipersembahkan Ashley Campbell Band saat tampil membawakan music country dihadapan civitas akademika.

"Di UNM kami juga mempunyai para mahasiswa yang berbakat di bidang seni musik, ada Fakultas Seni dan Desain yang merupakan wadah untuk mengembangkan bakat di bidang seni dan budaya," ujarnya.

Baca juga: Lirik Johnny Cash akan dikumpulkan ke dalam buku untuk pertama kalinya

Sementara itu, Deputy Public Affair Officer Konsulat Amerika Serikat, Wouter Housen dalam sambutannya menyampaikan kehadiran Ashley Campbell Band di UNM merupakan music tour yang dilakukan ke beberapa kota di Indonesia.

"Ini adalah bagian dari program diplomasi budaya kementerian di Amerika serikat kepada seluruh dunia setiap tahun untuk ke luar negeri berkolaborasi dengan musik lokal yang ada di negara tujuan seperti Indonesia," jelasnya.

Baca juga: Kenny Chesney jual katalog musiknya ke Hipgnosis Song Management

Wouter juga menyampaikan pihaknya merasa senang karena mendapat apresiasi dan sambutan yang luar biasa dari UNM untuk melakukan kerjasama dalam rangka pertukaran kultur dan budaya seni.

"Kami senang sekali bisa berkesempatan menampilkan musik dari Amerika yaitu musik country kepada Indonesia khususnya UNM. Gaya musik ini mencerminkan kerakyatan dan pedesaan yang ada di Amerika serikat di ladang luas tapi mempunyai penduduk yang sedikit," katanya.

Baca juga: Ray Charles & The Judds akan masuk dalam Country Music Hall of Fame

Dirinya meyakini dengan perpaduan music country dan musik nusantara serta lokal yang ada di Sulawesi Selatan bisa lebih enak di dengar oleh pecinta musik.

"Saya yakin musik country dari Amerika serikat bisa dinikmati oleh para pecinta musik yang ada di Indonesia, begitu juga perpaduan musik nusantara dan lokal yang ada disini," urainya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023