Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Boediono menerima kunjungan kehormatan Sekretaris Partai Komunis Kota Tianjin, China, Sun Chunlun, yang akan menjalin kerjasama di berbagai bidang terutama reformasi, ekonomi, dan perdagangan.

"Saya senang mendengar kabar tentang upaya reformasi di China. Saya katakan semoga berhasil, ini akan membawa perdamaian dan hubungan sosial yang baik bagi kita di kawasan maupun di dunia," kata Boediono, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis.

Kunjungan Sun ini hanya dua hari setelah Jakarta menghentikan kerja sama dengan Australia, menyusul kekeraskepalaan Perdana Menteri Australia, Tony Abbott, yang menyatakan tidak akan meminta maaf atas skandal penyadapan kepada petinggi Indonesia dari kedutaan besarnya di Jakarta. 

Ikut dalam pertemuan itu, Duta Besar China untuk Indonesia, Liu Jianchao, dan sejumlah anggota lain delegasi China. Sun mengungkapkan kemajuan kota pelabuhan Tianjin yang hanya 120 km dari ibukota Beijing. 

Kota Tianjin sangat berminat menjalin kerjasama lebih lanjut dengan Indonesia dalam berbagai bidang, terutama ekonomi dan perdagangan.

Sun juga menyampaikan tentang program reformasi pemerintahan China yang menyentuh berbagai aspek seperti politik, ekonomi dan kebudayaan.

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013