Biak (ANTARA News) - Ribuan warga Kabupaten Biak Numfor, Papua, Selasa tengah malam pukul 24.00 WIT melakukan pesta kembang api, petasan serta membunyikan terompet di sepanjang Jalan Imam Bonjol untuk merayakan pesta penyambutan malam pergantian tahun baru 1 Januari 2014.

Dari Biak, pewarta ANTARA melaporkan sejak Selasa malam pukul 22.00 WIT ribuan warga Biak telah memadati areal pusat keramaian pusat kota di Jalan Imam Bonjol dengan menyaksikan atraksi tarian Barongsay dan panggung hiburan menyambut tahun baru.

Berbagai aneka warna warni kembang api dan petasan dilepas ke langit Biak berulang kali oleh berbagai warga sejumlah kampung yang khusus datang melepas malam pergantian tahun baru dipusatkan di Jalan Imam Bonjol dan Selat Makassar.

Bahkan, panggung hiburan yang disediakan para waria di pasar lama Biak dalam rangka menyambut malam pergantian tahun baru juga banyak ditonton warga untuk menyaksikan aksi joget. 

"Kegiatan tahunan warga untuk meniup terompet dan melepas kembang api ke udara ketika memasuki detik-detik perayaan pergantian tahun baru dengan suka cita," ujar Ermanus, warga Biak.

Sedangkan kalangan umat Kristiani dari berbagai denominasi gereja di Biak menyambut malam pergantian tahun baru dengan mengelar kegiatan keagamaan ibadah bersama di setiap jemaat gereja setempat.

Sementara itu, jajaran Kepolisian Resort Biak Numfor telah menyiagakan 180 petugas gabungan pengamanan perayaan tahun baru 2014 yang tersebar di pusat keramaian warga.

"Pada perayaan pergantian tahun baru di Biak Numfor diharapkan berlangsung lancar, meriah dan kondusif hingga selesai," harap Kabag Ops Polres Kompol M.Syafei kepada pers di Biak, Selasa malam.

Hingga Selasa tengah malam aktivitas berbagai warga Biak tampak berlangsung lancar dan kondusif dalam mengisi perayaan acara malam penyambutan tahun baru 2014.

Cuaca kota Biak sekitarnya di malam tahun baru tampak mulai diguyur hujan gerimis tetapi warga tetap berdatangan ke tempat pusat keramaian Jalan Imam Bonjol untuk menyaksikan acara panggung hiburan dan pesta kembang api menyambut tahun baru.

Berbagai kegiatan warga berupa panggung hiburan dan band ditampilkan kelompok warga di Jalan Selat Makassar dan Jalan Imam Bonjol dengan menampilkan artis lokal Biak maupun artis ibukota Jakarta.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013