Jakarta (ANTARA News) - Nicki Minaj mengundang kritik keluarga Malcolm X setelah memasang foto mendiang tokoh pembela hak-hak sipil di Amerika Serikat itu dalam single barunya "Lookin Ass N---a" Rabu pekan lalu pada laman resmi dan Instagram-nya.

"Karya seni Nona Minaj untuk single-nya itu tidak menggambarkan kesejatian warisan Malcolm X," kata anak perempuan Malcolm X, Ilyasah Shabazz, Jumat pekan lalu, seperti dikutip Rollling Stone.

Minaj segera meminta maat atas ulahnya ini dan mencabut foto tersebut dari situsnya dengan berkata, "itu bukan karya seni resmi."

"Saya memohon maaf kepada keluarga Malcolm X jika makna sebuah foto disalahpahami," kata Minaj dalam postingnya di Instagram. "Tak ada maksud apa-apa dari saya kecuali hormat dan pujian untuk Anda."

Dalam satu wawancara Minaj kemudian menjelaskan alasan memasangkan foto itu karena untuk menggambarkan lagunya yang bertujuan memberdayakan wanita.

"Foto itu hampir paralel dengan pandangan saya...Saya menganggap beliau salah seorang dari orang paling dikenang dalam sejarah kita, sejarah orang hitam, yang menyuarakan pandangannya apa pun yang terjadi, saya paham bagaimana niat saya disalahpahami dan saya sungguh tak ingin menyinggung keluarga atau warisan beliau."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014