Banda Aceh (ANTARA News) - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh membuka lima program studi baru untuk berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru tahun 2014 di perguruan tinggi agama Islam negeri (PTAIN) tersebut.

Wakil Rektor UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh H Muhibbuthabry di Banda Aceh, Senin mengatakan kelima program studi (Prodi) baru tersebut dibuka pascapergantian status dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ar-Raniry menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry.

Adapun lima program studi baru yang dipastikan akan bisa menerima mahasiswa baru pada tahun 2014 yakni pendidikan guru Raudhatul Athfal (PGRA) di Fakultas Tarbiyah, Pendidikan konseling Islam di fakultas Dakwah dan Tata Negara, perbankan syariah serta ekonomi syariah di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam.

Ia mengatakan kelima program studi baru tersebut diperkirakan segera menerima mahasiswa baru pada jalur penerimaan tahun 2014 pascakeluarnya surat keputusan terhadap pembukaan disiplin ilmu tersebut.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Darussaalam Banda Aceh Prof Farid Wajdi Ibrahim mengatakan pihaknya juga masih menunggu izin pembukaan seluruh program studi yang diajukan perguruan tinggi tersebut.

"Memang ada beberapa prodi telah disetujui dan kami masih menunggu penerbitan SK terhadap prodi-prodi lainnya agar nantinya bisa disosialisasikan kepada seluruh sekolah di Aceh," katanya.

Menurutnya, beberapa program studi yang diajukan tersebut saat ini sudah berada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna diberikan surat keputusan dari kementerian tersebut.

"Kami terus berusaha agar seluruh prodi yang telah diajukan dapat segera dikeluarkan izinnya oleh kementerian terkait," katanya.

Pihaknya berharap seluruh prodi yang diajukan oleh UIN Ar-Raniry dapat dilaksanakan pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2014 terutama melalui jalur lokal. ***3***

(KR-IFL/T007)

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014