Tenaga dosen untuk program studi magister ini sudah memadai
Aimas (ANTARA) - Universitas Muhammadyah (Unimuda) Sorong, Papua Barat Daya membuka resmi program studi ilmu manajemen guna menjawab kebutuhan dan minat masyarakat terhadap program studi magister yang tinggi di wilayah itu.

Rektor Unimuda Sorong Dr. Rustamadji di Sorong, Minggu, menjelaskan alasan pertama menghadirkan program studi magister ilmu manajemen ini karena di kawasan Papua seperti Papua Barat, Papua Barat Daya dan Papua Tengah belum ada program studi itu.

"Kemudian alasan kedua, berdasarkan hasil survei menunjukkan bahwa peminat akan program studi magister ilmu manajemen lebih tinggi di wilayah Papua. Jadi memang minat orang ingin untuk mengambil magister ilmu manajemen lebih tinggi dari pada program studi magister manajemen," jelasnya.

Ilmu manajemen ini, kata dia, pada umumnya masuk ke seluruh lini pekerjaan, organisasi swasta dan pemerintahan, sehingga tentunya ini merupakan program studi yang sangat seksi, menarik dan strategis.

"Jadi tidak salah kalau kami membuka program magister ilmu manajemen di Papua Barat Data," ujarnya.

Baca juga: LL Dikti: Unimuda Sorong salah satu kampus terfavorit di Papua
Baca juga: Pemprov PBD hibahkan Rp2,3 miliar untuk Unimuda Sorong


Dia menyebutkan, pada pembukaan program studi magister ini, sudah 45 orang yang telah mendaftar untuk mengambil magister ilmu manajemen. Kemudian direncanakan dari Pemerintah Papua Barat Daya pun berkisar ratusan yang akan mendaftar.

"Tenaga dosen untuk program studi magister ini sudah memadai dan memiliki nomor induk nasional dan dosen tetap yang berhikmat, kita sudah lengkap" jelasnya.

Sebab, dalam pengurusan izin untuk pembukaan program studi magister ke Kemendikbudristek harus memiliki dosen sesuai syarat yang ditetapkan.

"Mulai saat ini kami sudah secara sah membuka penerimaan mahasiswa baru program studi magister karena sudah menerima SK dari Kemendikburistek sebagai izin untuk membuka program studi magister di Unimuda, mulai semester ini dan kuliahnya tiga semester magister ilmu manajemen gelarnya M.Si," ujarnya.

Selain itu, Kampus Unimuda Sorong telah bekerja sama dengan Unimuda Malang dalam rangka menghadirkan program studi doktoral guna membantu mahasiswa yang ingin mengambil gelar doktoral.

"Jadi kami juga bisa bantu mahasiswa yang ingin kuliah doktoral, bisa ambil doktoralnya di sini karena kami sudah bekerja sama dengan Unimuda Malang," bebernya.

Sebelumnya, Rektor Unimuda Sorong meluncurkan pembukaan program studi magister ilmu manajemen di Gedung Direktorat Pascasarjana Unimuda Sorong, Sabtu (9/3).

Baca juga: Unpatti buka program Magister PPKN tingkatkan mutu pendidikan
Baca juga: UMS tambah lima prodi baru magister dan doktor
Baca juga: Unej buka program studi Magister Hukum Forensik

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024