supaya kampus ini nantinya menghasilkan manusia yang berkualitas
Sorong (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya (Pemprov PBD) menghibahkan dana senilai Rp2,3 miliar kepada Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) sebagai bagian dari perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan.
 
Penjabat Gubernur Papua Barat Daya Mohammad Musa’ad usai menyerahkan dana hibah di Sorong, Rabu, menjelaskan sebagai Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya memiliki kewajiban untuk bekerja sama dengan Unimuda Sorong melalui dukungan konkret demi peningkatan sumber daya manusia.
 
“Bukti dari komitmen itu, kami memberikan dukungan berupa bantuan dana hibah senilai Rp2,3 miliar kepada Unimuda Sorong," jelas Muhammad Musa'ad.
 
Tujuan dari dukungan pemerintah, sebut dia, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa, sekaligus juga bisa menciptakan manusia yang berkualitas baik secara nalar, moral dan etika, supaya nantinya Unimuda Sorong menghasilkan alumni-alumni yang berkualitas, mempunyai kapasitas dan kapabilitas untuk membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan pembangunan di Provinsi Papua Barat Daya.
 
“Itu inti dari dukungan pemerintah supaya kampus ini nantinya menghasilkan manusia yang berkualitas," kata Musa'ad.

Baca juga: Komisi X DPR salurkan PIP 41.930 siswa-mahasiswa Papua Barat Daya
Baca juga: Mencari jalan keluar masalah pendidikan di Provinsi Papua Barat
 
Menurut dia, kampus selain memiliki tanggung jawab akademik, juga mempunyai tanggung jawab sosial. Jadi selain mengembangkan ilmu pengetahuan demi pemenuhan kualitas diri mahasiswa, juga nantinya bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah, pihak swasta dan masyarakat yang ada di wilayah Provinsi Papua Barat Daya.
 
"Itu perlu diperhatikan supaya orientasi pendidikan di sini selalu terarah kepada akademik dan sosial," beber dia.

​​​​​​Muhammad Musa'ad pun memberikan apresiasi kepada Unimuda Sorong, karena telah berhasil mendatangkan peminat yang cukup banyak yaitu 1.759 mahasiswa untuk mengenyam pendidikan di kampus itu.
 
"Ini satu kebanggaan untuk kampus ini, dan saya atas nama pemerintah memberikan apresiasi atas capaian itu," ucap Musa'ad.
 
Kendati pun animo masyarakat terhadap Kampus Unimuda sangat tinggi, dia berharap supaya kualitas pendidikan terus diperhatikan sehingga nama alumni yang berasal dari Unimuda semakin berkualitas dan nama kampus pun terus diminati.

Baca juga: UNIMUDA Sorong diundang khusus pada KTT G20 Bali
Baca juga: Untuk mutu pendidikan, 44 guru PPPK di Maybrat-Papua Barat diterima
Baca juga: LLDIKTI XIV: Program magister pertama dibuka di Papua-Papua Barat

 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023