Sejauh ini Indonesia cukup berhasil membawa isu (kemerdekaan) Palestina ke forum internasional untuk menunjukkan komitmen Indonesia tidak berubah,"
Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat memuji langkah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menggalang dukungan negara lain untuk kemerdekaan dan kedaulatan rakyat Palestina.

"Sejauh ini Indonesia cukup berhasil membawa isu (kemerdekaan) Palestina ke forum internasional untuk menunjukkan komitmen Indonesia tidak berubah," kata Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Guntur Sasono di Jakarta Sabtu.

Guntur mengatakan Indonesia sejak dulu telah menentukan sikap tegas terhadap hak kemerdekaan dan membela kedaulatan negara Palestina.

Namun upaya Indonesia mendorong hak kemerdekaan dan kedaulatan bagi rakyat Palestina itu kurang mendapatkan dukungan bahkan ada pertentangan dari negara lain.

Dia menyatakan hal tersebut merupakan tantangan agar Indonesia tetap berupaya menggalang dukungan dari negara di kawasan Asia.

Dia menuturkan Indonesia bisa memberikan bantuan lainnya dengan mengirimkan pasukan perdamaian Kontingan Garuda ke Palestina melalui persetujuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Terlebih Indonesia sudah memiliki perlengkapan persenjataan yang lebih kuat di kawasan Asia Tenggara.

Sementara itu, Mantan Kepala Staf Umum TNI, Letjen (Purn) Suaidi Marasabessy menambahkan pertemuan Presiden SBY dengan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah sebagai bentuk dukungan masyarakat Indonesia terhadap negara Islam tersebut.

Calon anggota DPR RI Partai Demokrat Daerah Pemilihan Maluku itu menyerukan penghentian penindasan dan mendukung kemerdekaan bagi rakyat Palestina.

Sebelumnya, Presiden SBY menerima kunjungan PM Palestina Rami Hamdallah dalam rangka meningkatkan kerjasama bilateral di Istana Negara Jakarta Jumat (28/2).

SBY juga menegaskan komitmen Indonesia mendukung mewujudkan negara Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat.(*)

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014