Sleman (ANTARA News) - Kabupaten Sleman akan mendukung Daerah Istimewa Yogyakarta dalam cabang olah raga woodball pada Pekan Olahraga Nasional yang akan digelar pada 2016 di Jawa Barat.

Sekretaris Ikatan Woodball Indonesia (IWbA) Kabupaten, Sleman Sudjianto, Minggu, mengatakan cabang olah raga ini baru resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sleman setelah Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2014, Minggu (9/3).

"Ini memastikan nantinya di ajang pekan olah raga provinsi (Porprov) 2015 di Kulon Progo, woodball akan dipertandingkan," katanya.

Ia mengatakan dipertandingkannya woodball ini tentunya akan menguntungkan bagi Pengprov Woodball DIY yang berniat mengirimkan atletnya di PON 2016.

"Semua kota dan kabupaten sudah punya, maka jelas sangat bagus bagi perkembangan olahraga ini di DIY. Kami harap, atlet kita juga bisa masuk ke tim DIY di PON nanti," katanya.

Ketua Umum (KONI Kabupaten Sleman Pramana mengatakan woodball memang belum popular di kalangan masyarakat.

"Kami yakin woodball bisa menjadi salah satu andalan untuk mendulang prestasi olahraga di Sleman," katanya.

Sementara itu Sekretaris Pengda Persatuan Angkat Besi dan Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) DIY dan Pembina Pengkab PSBBSI Sleman Diah Emilia Malahayati mengatakan untuk PON 2016 para atlet sudah melakukan persiapan, yakni mengadakan pemusatan latihan daerah (Pelatda) sejak Januari hingga Oktober.

"Cabang angkat berat memang masih belum bisa berprestasi pada PON 2012 di Riau. Bahkan, untuk cabang binaraga baru akan pertama nanti mengirimkan atletnya," katanya.

Ia mengatakan pihaknya yakin nanti akan bisa memberikan nomor untuk DIY, karena saat ini persiapannya lebih matang.

"Dulu persiapannya hanya satu tahun. Tapi, sekarang dua tahun. Jadi, kita berharap bisa lebih baik lagi," katanya.

(V001/M008)

Pewarta: Victorianus SP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014