Nw York (ANTARA News) - Para pendiri Facebook dan SpaceX, serta aktor Ashton Kutcher mengucurkan investasi 40 juta dollar AS dalam proyek rahasia pembuatan otak tiruan untuk proyek kecerdasan buatan (Articifial Intelligence/AI).

Perusahaan yang mengerjakan proyek itu, Vicarious FPC, berambisi membuat Neocortex yang adalah bagian otak pengendali gerakan, visi, bahasa dan proses rumit lainnya, pada komputer. Hasilnya, komputer itu akan berpikir sebagaimana otak manusia.

"Otak yang ini tidak butuh tidur dan makan," kata wakil pendiri Vicarious, Scott Phoenix, kepada Wall Street Journal dilansir Live Science.

Namun, perjalanan untuk memproduksi otak buatan itu membutuhkan waktu lama.

Sementara itu, Facebook yang didirikan Mark Zuckenberg, bisa menggunakan AI untuk mengonversi data dalam jumlah besar ke dalam basis data pengetahuan. Situs jejaring sosial ini juga sudah menggunakan AI untuk pengenalan wajah dalam foto. 

Elon Musk, pendiri SpaceX dan Tesla Motors, dan Kutcher menolak mengomentari investasi mereka.

Phoenix mengatakan Vicarious bertujuan menciptakan komputer yang bisa mengenali tekstur, tidak hanya bentuk dan objek.

Perusahaan ini telah sangat rapat menjaga informasi tentang teknologi yang mereka gunakan tidak sampai bocor. Mereka juga tidak akan mengungkapkan lokasi pembuatannya karena mengkhawatirkan spionase dan ancaman peretasan.

Penerjemah: Indra Arief Pribadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014