Saya percaya diri bahwa kami akan siap menghadapi siapa pun lawan. Kami siap tampil dengan mengerahkan seluruh kemampuan
Tokyo (ANTARA News) - Pelatih Jepang Alberto Zaccheroni mengatakan tim asuhannya siap tempur menghadapi Kolombia, Pantai Gading dan Yunani di ajang Piala Dunia 2014.

"Saya percaya diri bahwa kami akan siap menghadapi siapa pun lawan. Kami siap tampil dengan mengerahkan seluruh kemampuan," kata pelatih asal Italia itu sebagaimana dikutip dari situs FIFA.

"Kalau pun ada kesenjangan antara tim lainnya, saya merasa kesenjangan itu tidak terlalu besar," katanya seraya menyebutkan bahwa Keisuke Honda diharapkan masuk tergabung dalam skuad Jepang di Piala Dunia 2014.

Sementara itu, pemain Manchester United Shinji Kagawa tidak terlalu banyak diturunkan oleh David Moyes. Pemain Inter Milan Yuto Nagatomo diharapkan turun menempati posisi bek kanan.

Pemain bertahan yang kini memperkuat Schalke Atsuto Uchida dan gelandang yang membela Nuremberg Makoto Hasebe akan absen karena mengalami cedera.

Skuad Jepang yang berjuluk Samurai Biru, yang empat kali menjadi juara Asia, akan menghadapi Cyprus di kandang pada 27 Mei sebagai ajang pemanasan sebelum tampil di Piala Dunia yang akan dihelat pada Juni dan Juli.

Dari peringkat FIFA, Kolombia menempati posisi kelima, Yunani (peringkat 12), Pantai Gading (23) dan Jepang (50). "Ini jelas bukan grup yang mudah karena kekuatan antar tim berimbang," kata Zaccheroni.

"Kolombia diperkuat oleh sejumlah pemain muda bertalenta, banyak dari mereka bermain di luar negeri. Mereka mampu menggabungkan antara kualitas dengan akurasi serta kecepatan. Saya terkesan dengan penampilan mereka yang demikian cemerlang," katanya.

Mengenai Pantai Gading yang menjadi tim "kuda hitam", Zaccheroni mengatakan mereka mencapai babak 16 besar di ajang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

"Yunani juga tim yang kuat. Mereka senantiasa tampil memikat ketika menghadapi tim yang tangguh. Mereka punya akurasi memadai ketika melancarkan serangan balik, dan mereka mampu menggalang kekuatan di lini belakang," katanya.

Berikut  skuad timnas Jepang:

Penjaga gawang: Eiji Kawashima (Standard Liege/BEL), Shusaku Nishikawa (Urawa Reds) Shuichi Gonda (FC Tokyo)

Pemain bertahan: Yuichi Komano (Jubilo Iwata) Yasuyuki Konno (Gamba Osaka) Masahiko Inoha (Jubilo Iwata) Yuto Nagatomo (Inter Milan/ITA) Masato Morishige (FC Tokyo) Maya Yoshida (Southampton/ENG) Hiroki Sakai (Hannover/GER) Gotoku Sakai (Stuttgart/GER)

Gelandang: Yasuhito Endo (Gamba Osaka) Toshihiro Aoyama (Sanfrecce Hiroshima) Hajime Hosogai (Hertha Berlin/GER) Keisuke Honda (AC Milan/ITA) Shinji Kagawa (Manchester United/ENG) Hiroshi Kiyotake (Nuremberg/GER) Manabu Saito (Yokohama Marinos) Hotaru Yamaguchi (Cerezo Osaka)

Pemain depan: Shinji Okazaki (Mainz/GER) Yoichiro Kakitani (Cerezo Osaka) Masato Kudo (Kashiwa Reysol) Yuya Osako (TSV 1860 Munich/GER)

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014