... akan dimulai 21 April 2014... "
Manado (ANTARA News) - "Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menyambut baik rencana bakal dibukanya kembali jalur penerbangan langsung Manado - Davao (Filipina)," kata Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Djouhari Kansil, ketika menerima kunjungan Konsul Jenderal Filipina di Manado, Jose DR Burgos, di Manado.

Kabag Humas Pemprov Sulut, Yudhistira Siwu, di Manado, Sabtu, mengatakan pertemuan mereka itu berlangsung di ruang kerja Kansil, Jumat lalu (28/3), yang juga dihadiri Nyonya Burgos didampingi petugas hubungan masyarakat Konsulat Jenderal Filipina, Novia Lambey.

Penerbangan tersebut direncanakan mengambil rute Bandara Sam Ratulangi, Manado, menuju  Bandara Naha Sangihe, dan Bandara Melonguane Talaud, langsung menuju Davao, Philipina.

"Sungguh luar biasa karena ikut pula melibatkan dua kabupaten kepulauan bertetangga, yaitu Kabupaten Kepulauan Talaud dan Sitaro, walaupun bandaranya masih dalam tahapan pembangunan," ujar Kansil.

Dengan dibukanya kembali jalur penerbangan ini, setidaknya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat kepulauan kedua negara disamping akan lebih menggairahkan pertumbuhan sektor pariwisata tidak hanya Philipina dan Indonesia.

Dulu jalur penerbangan Manado-Davao dilayani pesawat Merpati dan Bouraq serta Sriwijaya Air. Saat in akan dilakukan Garuda Indonesia.

Burgos mengatakan, rencana penerbagan perdana Manado-Naha, Melonguane menuju Davao akan dimulai 21 April 2014, mudah-mudahan rencana ini akan berjalan dengan baik.

Pewarta: Jootje Kumajas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014