... ada DNA Elvis di situ... "
North Carolina (ANTARA News) - Elvis Presley mengendarai salah satu mobil favoritnya, yang menjadi saat berkendaranya yang terakhir, pada 1977.

Saat itu, dia menyetir Stutz Blackhawk III keluaran 1973 beberapa jam sebelum ia meninggal.

Mobil itu dipajang untuk pertama kalinya setelah mengalami perbaikan, di North Carolina, Amerika Serikat. Mobil itu diperbaiki tanpa menghilangkan keterikatannya dengan King of Rock and Roll.

"Masih ada DNA Elvis di situ," kata Walt Hollifield, kolektor mobil dan orang yang dipilih untuk merestorasi mobil itu selama 12 minggu, seperti yang dikutip dari Reuters.

Stutz akan dipajang di pameran otomotif di Charlotte Motor Speedway pada hari Minggu lalu. Mobil itu kemudian dikembalikan ke museum otomotif di Graceland di Memphis untuk dipamerkan.

Presley umumnya mengendarai mobil tersebut selama enam bulan sebelum menjual atau memberinya kepada orang lain. Tetapi, 1973 Stutz ini menjadi favoritnya, kata Angie Marchese, direktur arsip di Graceland.

Ia mengendarai mobil itu selama 8.450 mil selama tiga tahun. Tidak seperti mobil lainnya, kata Marchese, ia tidak mengizinkan orang-orang di sekelilingnya untuk mengendarai mobil tersebut.

Salah seorang penggemar sempat mengabadikan Presley di selewat tengah malam pada 16 Agustus 1977, sepulang dari dokter gigi. Ia ditemukan tewas  di rumahnya beberapa jam kemudian.

Tim di Graceland mengganti ban dengan duplikat yang mirip versi aslinya. Interior mobil tidak dibersihkan untuk menjaga kualitas lorong waktu.

"Sangat penting menjaga integritas mobil itu sama seperti saat Elvis memilikinya," kata Marchese.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014