Balikpapan (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Awang Faroek Ishak bersyukur pelaksanaan kampanye pemilihan umum legislatif (Pileg), 16 Maret hingga 5 April lalu berlangsung lancar, aman dan tertib.

"Saya bersyukur masa kampanye selama tiga minggu, secara umum berlangsung baik, aman dan tertib. Setiap partai politik sudah berupaya maksimal untuk mengkampanyekan visi dan misinya dan menjaga konstituennya untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban," kata Awang Faroek Ishak, di Pendopo Lamin Etam di Samarinda, Senin. 

Kondisi tersebut mengindikasikan bahwa partai politik (parpol) sudah lebih dewasa dan cerdas memaknai demokrasi. Karena itu, keamanan dan ketertiban yang sudah terjaga dengan baik selama masa kampanye harus terus dipertahankan, katanya. 

Dia mengimbau para pimpinan parpol dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga tahapan demokrasi ini agar dapat berlangsung tertib, aman dan lancar. 

"Saya berharap pemungutan suara 9 April juga berjalan aman, tertib, jujur, adil dan rahasia," kata Awang Faroek. Kepada para generasi muda gubernur mengingatkan agar tidak lupa untuk mengunakan hak pilihnya dan tidak Golput. Gubernur berharap tingkat partisipasi masyarakat bisa mencapai angka di atas 70 persen, katanya.

"Siapapun yang terpilih harus kita dukung karena mereka adalah wakil rakyat yang dipilih rakyat," kata Awang Faroek.

Setelah menggunakan hak pilih, Gubernur Awang Faroek dijadwalkan melakukan peninjauan TPS-TPS di Samarinda maupun di Kutai Kartanegara (Kukar). Sedangkan Wakil Gubernur HM Mukmin Faisyal bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman dan Kapolda Kaltim Irjen Dicky A Totoy akan melakukan peninjauan ke TPS-TPS di kota Balikpapan dan Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU). (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014