Semarang (ANTARA News) - Ganda putri pasangan Rosyita Eka Putri Sari/Apriani melangkah ke babak final kejuaraan bulu tangkis dunia junior di Malaysia.

Mereka maju ke final setelah pada babak semifinal di Alor Setar, Malaysia, Kamis, mengalahkan pasangan Tiongkok Jiang Binbin/Tang Pingying, 21-13,21-16.

Berdasarkan laman PBSI yang dipantau dari Semarang, Jateng, Kamis, dengan kemenangan ini berarti pasangan Indonesia ini berhasil menggagalkan partai "all Tiongkok final" mengingat semifinalis lainnya juga diisi pasangan Tiongkok yaitu Chen Qingchen/Jia Yi Fan melawan Du Yue/Li Yin Hui.

Pasangan Rosyita/Apriani bermain sangat cerdik pada laga empat besar ini. Mereka tidak mau terjebak permainan khas Tiongkok yang terkenal cepat dan keras. Pasangan Indonesia ini terlihat memperlambat tempo permainan dengan reli-reli panjang yang halus.

"Kalau adu cepat pasti mereka lebih unggul. Kalau kami main drive terus, mereka juga lebih senang, jadi kami bawa mereka kepada permainan yang kami mau," kata Apriani, pemain binaan klub Pelita Bakrie tersebut.

"Kami sudah yakin bisa menang karena pasangan Tiongkok ini tidak terlalu berbahaya seperti rekan-rekannya lain. Kami bersyukur bisa melaju ke final, apalagi ini pertama kami berpasangan dan hanya latihan beberapa minggu sebelum berangkat," kata Rosyita.

Apriani yang baru pertama kali mengikuti kejuaraan dunia ini mengaku senang bisa melaju ke final. Sedangkan bagi Rosyita keikutsertaan ini merupakan yang ketiga kali karena sebelumnya juga tampil yaitu pada 2012 dan 2013.

"Rasanya senang sekali bisa lolos ke final. Saya kan belum pernah ikut, jadi berkesan sekali, sampai-sampai menitikkan air mata, Saya beruntung bisa diberi kesempatan berpasangan dengan Kak Rosyita yang lebih senior, dia banyak memberi masukan kepada saya dan mengingatkan saya untuk lebih bersabar," kata Apriani.

Pada babak final, mereka akan menghadapi unggulan pertama dari Tiongkok Chen Qingchen/Jia Yi Fan yang sebelumnya mengalahkan rekannya Du Yue/Li Yin Hui 21-11,21-14.

Rosyita Eka Putri Sari berpeluang untuk kembali tampil di final di nomor ganda campuran karena berpasangan dengan Muhammad Rian Adrianto akan menghadapi pasangan Korea Selatan Park Kyung Hoon/Park Keun Hye di babak semifinal.

Sementara itu pada nomor tunggal putra, Indonesia akhirnya gagal menempatkan wakilnya di babak final setelah pemainnya Anthony Ginting kalah dari unggulan kedua dari Tiongkok Shi Yuqi 19-21,15-21.

(H015/N002)

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014