PBSI juga akan segera melakukan evaluasai pasca-WJC 2014 dan mempersiapkan pemain-pemain muda bertalenta untuk dibina jelang WJC 2015,"
Semarang (ANTARA News) - Tim bulu tangkis junior Indonesia berhasil membawa lima keping medali pada "BWF World Junior Championships 2014" yang berakhir Jumat (18/4) malam di Alor Setar, Malaysia.

Menurut laman PBSI yang dipantau dari Semarang, Jateng, Sabtu, menyebutkan, kelima medali yang dibawa pulang pebulu tangkis junior Indonesia yaitu tiga medali perak dari nomor beregu campuran kemudian perorangan Muhammad Rian Adrianto/Rosyita Eka Putri Sari (ganda campuran), dan Rosyita Eka Putri Sari/Apriani Rahayu (ganda putri).

Kemudian dua medali perunggu dari Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) dan Clinton Hendrik Kudamassa/Muhammad Rian Adrianto (ganda putra).

Jika dibanding dengan tahun lalu, hasil ini memang lebih baik karena pada "BWF World Junior Championships 2013" di Bangkok, Thailand, Indonesia hanya meraih tiga medali yang terdiri dari dua medali perak dari Kevin Sanjaya Sukamuljo/Masita Mahmudin (ganda campuran) dan nomor beregu campuran, kemudian satu medali perunggu dari Ihsan Maulana Mustofa (tunggal putra).

"Penampilan anak-anak sudah maksimal, tapi kamu harus mengakui kalau lawan dari Tiongkok memang tampil lebih baik. Lawan juga lebih unggul dari segi pengalaman dan jam terbang," kata Manajer Tim Indonesia, Maria Fransisca.

"Dengan materi pemain yang ada, kami memang melebihi target, khususnya beregu. Raihan medali juga lebih banyak dari tahun lalu, tapi tetap saja target medali emas belum tercapai. Kami sudah berusaha dan hasilnya seperti ini. Kami tetap bersyukur," katanya.

"Sebagai bahan evaluasi, mungkin selanjutnya persiapan pemain harus lebih lama. Dengan waktu persiapan yang lebih panjang, siapa tahu hasilnya bisa lebih baik," katanya.

Ketua Umum PP PBSI Gita Wirjawan juga menyatakan apresiasinya atas raihan tim junior Indonesia di ajang "BWF World Junior Championships 2014".

"Selamat kepada Rian/Rosyta dan Rosyita/Apriani yang meraih medali perak di ajang BWF World Junior Championship 2014. Rosyita bisa melaju ke final di dua nomor. Walaupun belum bisa meraih gelar, jangan pernah putus asa, jalan kalian masih panjang. Mari latihan lebih keras lagi untuk meraih prestasi yang lebih baik di turnamen selanjutnya," kata Gita Wirjawan.

Meskipun belum meraih gelar juara, dengan pencapaian yang lebih baik dari tahun lalu, Gita berharap tim junior dapat memetik hasil lebih baik di ajang Olympic Youth 2014 yang digelar pada Agustus mendatang serta BWF World Junior Championships 2015.

"PBSI juga akan segera melakukan evaluasai pasca-WJC 2014 dan mempersiapkan pemain-pemain muda bertalenta untuk dibina jelang WJC 2015," kata Gita.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014