Kami bersyukur bahwa PGN dapat terus berkarya mewujudkan kemandirian energi dengan membangun infrastruktur dan menyalurkan gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) memperingati hari jadinya yang ke-49 sebagai BUMN yang terus berupaya memenuhi kebutuhan energi di dalam negeri.

Dalam memperingati hari jadinya, PGN memperkuat komitmen untuk memperluas pemanfaatan gas bumi guna mengurangi ketergantungan energi terhadap bahan bakar minyak (BBM), melalui pembangunan infrastruktur gas bumi di berbagai wilayah Indonesia.

"Kami bersyukur bahwa PGN dapat terus berkarya mewujudkan kemandirian energi dengan membangun infrastruktur dan menyalurkan gas bumi ke berbagai wilayah di Indonesia," kata Direktur Utama PGN Hendi Prio Santoso di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, memasuki usia 49 tahun, PGN telah memantapkan diri sebagai BUMN gas yang mandiri dengan membangun berbagai infrastruktur dan memperkuat pasokan gas bumi di sektor hulu.

"Di sektor infrastruktur, PGN telah membangun lebih dari 6.000 kilometer jaringan pipa gas," ujarnya.

Melalui jaringan distribusinya, sepanjang 2013 PGN menyalurkan sebanyak 827 MMSCFD atau setara dengan 145 ribu barel minyak per hari kepada lebih dari 100 ribu pelanggan rumah tangga serta 3.000 pelanggan industri, UKM komersial, dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG).

"Dengan menyalurkan gas bumi kepada para pelanggan tersebut, PGN mampu menciptakan efisiensi biaya bahan bakar hingga sekitar Rp55 triliun per tahun. Bayangkan jika distribusi gas bumi semakin besar, tentunya efisiensi akan semakin tinggi dan akan memperkuat daya saing ekonomi nasional," kata Hendi.

Oleh karena itu, lanjutnya, untuk memperluas pemanfaatan gas bumi, tahun ini PGN akan mempercepat pembangunan sejumlah infrastruktur strategis seperti Program "PGN Sayang Ibu", yaitu program sejuta sambungan gas bumi untuk rumah tangga.

Selain itu, ada juga pembangunan 16 SPBG dan satuan pengisian bahan bakar dinamis (Mobile Refueling Unit/MRU) di berbagai kota di Indonesia, serta pembangunan infrastruktur gas bumi terintegrasi di Jawa Tengah dan Lampung.(*)

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014