Semua mengacu pada ajaran darma dan harmoni kehidupan manusia dengan alam."
Bekasi (ANTARA News) - Sebanyak 150 umat Buddha dari wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, dan sekitarnya akan mengikuti prosesi pemandian patung dewa di Vihara Dharma Jaya sebagai penanda dimulainya perayaan Waisak 2558/2014.

"Sampai malam ini, umat Buddha yang sudah konfirmasi ke saya mencapai 150 orang untuk mengikuti prosesi pemandian patung Budha," kata pengurus Wihara Dharma Jaya Cecep di Bekasi, Rabu malam.

Menurutnya, persiapan perayaan Waisak di vihara yang beralamat di Jalan Perjuangan, kelurahan Teluk Buyung, Bekasi Utara, itu telah rampung dilaksanakan sejak Rabu (14/5) pagi.

"Persiapan kita lakukan dengan menghias altar, dan mendirikan tenda untuk ibadah umat malam ini," katanya.

Antara melaporkan, puluhan umat Buddha telah mendatangi vihara tersebut untuk mengikuti agenda perayaan hari Waisak yang mengangkat tema "Kerukunan Dasar Keutuhan, Kunci Terciptanya Keutuhan Damai Di Bumi".

"Perayaan kali ini ditandai dengan prosesi pemandian patung Buddha Rupang," kata Cecep.

Sebelum patung dimandikan, kata dia, umat Buddha menjalani kebaktian mulai Kamis (15/5) pukul 01.00 WIB dan dilanjutkan dengan prosesi sembahyang mengelilingi vihara mulai pukul 02.00 WIB dengan berbagi bunga dan langsung memandikan patung Buddha.

"Awal kebaktiannya tergantung perputaran bulan purnama yang sudah diatur dalam kalender agama Buddha," katanya.

Dia menambahkan, perayaan Waisak mengandung tiga ajaran penting yang bersumber pada perjalanan hidup Sidharta Gautama dari lahir hingga mencapai puncak pencerahan Dan wafat.

"Semua mengacu pada ajaran darma dan harmoni kehidupan manusia dengan alam," ujarnya. (AFR/Z002)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014