Adalah hal yang penting untuk memburu mereka dengan kekuatan dan ketegasan."
Sanaa (ANTARA News) - Yaman menyatakan perang terbuka melawan Al Qaida dan akan memburu anggota kelompok militan tersebut di manapun mereka berada, demikian Presiden Abdul Rabbu Mansour Hadi mengatakan pada Kamis.

Yaman kini menghadapi ancaman serangan balas dendam dari kelompok gerilyawan yang ingin mendirikan negara Islam di wilayah semenanjung Arab, lapor Reuters.

Dalam pernyataan pertama sejak tentara memulai operasi serangan untuk mengusir Al Qaida di Semenanjung Arab (AQAP) dari benteng pertahannya, Hadi mengatakan bahwa pasukannya akan memburu anggota kelompok gerilyawan tersebut di provinsi bagian selatan, tengah, dan utara Yaman.

Sebelumnya pada dua tahun lalu, Yaman memulai operasi terbesar AQAB setelah munculnya serangkaian serangan terhadap sejumlah pejabat pemerintah, anggota pasukan keamanan dan sejumlah warga asing.

"Hadi memastikan bahwa pertempuran melawan organisasi teroris itu bersifat terbuka. Oleh karena itu, tentara dan pasukan keamanan harus bersiap untuk menjalankan operasi pembersihan di Abyan, Maarib, Shabwa, dan Badya," demikian kantor berita setempat melaporkan setelah presiden bertemu dengan Komisi Keamanan Tertinggi.

"Adalah hal yang penting untuk memburu mereka dengan kekuatan dan ketegasan," kata Hadi.

Sebelumnya, AQAB telah melakukan serangkaian serangan balas dendam di ibu kota Yaman, Sanaa, dan sekitarnya setelah benteng pertahanannya di Abyan dan Shabwa terus dilemahkan.

Pada Jumat lalu, empat tentara terbunuh dalam tembak-menembak dengan kelompok militan di dekat istana kepresidenan, Sanaa. Pada Ahad, bom bunuh diri meledak di gedung polisi militer kota pantai Mukalla dan menewaskan setidaknya 10 serdadu dan seorang warga sipil.

Stabilitas keamanan Yaman, yang pantainya berbatasan langsung dengan eksportir minyak terbesar dunia Arab Saudi, menjadi salah satu perhatian internasional.

Amerika Serikat meningkatkan dukungannya terhadap pemerintah dan militer termasuk di antaranya dengan mengirim serangan pesawat tak-berawak.

Kekerasan di Yaman bermula sejak 2011 saat demonstrasi besar-besaran berhasil menggulingkan Presiden Ali Abdullah Saleh dari jabatannya.


Penerjemah: GM Nur Lintang Mohammad

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014