Madrid (ANTARA News) - Perekonomian Spanyol tumbuh sebesar 0,4 persen pada kuartal pertama tahun ini berkat meningkatnya permintaan domestik, Institut Statistik Nasional (INE) melaporkan pada Kamis.

Konsumsi rumah tangga meningkat sebesar 0,4 persen pada kuartal pertama, sedangkan perusahaan turun sebesar 1,1 persen. Menurut INE, investasi juga turun 0,6 persen, terutama karena penurunan yang dialami oleh sektor konstruksi.

Menurut INE, lapangan kerja meningkat sebesar 0,1 persen pada kuartal pertama, sementara belanja publik tumbuh sebesar 4,4 persen dari kuartal keempat 2013 ke kuartal pertama pada 2014.

Ekspor turun 0,4 persen, sementara impor meningkat sebesar 1,5 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Sementara itu, secara tahunan, INE melaporkan bahwa permintaan domestik meningkat sebesar 0,7 persen pada kuartal pertama tahun ini bila dibandingkan dengan periode yang sama 2013, sedangkan permintaan eksternal turun 0,2 persen tahun ke tahun.

Akibatnya, PDB Spanyol tumbuh sebesar 0,5 persen pada kuartal pertama bila dibandingkan dengan periode yang sama 2013.

Konsumsi rumah tangga meningkat sebesar 1,6 persen pada kuartal pertama tahun ke tahun, sedangkan usaha meningkat sebesar 0,8 persen. Administrasi publik menghabiskan 0,2 persen lebih sedikit pada kuartal pertama dari setahun lalu.

Ekspor meningkat sebesar 8,1 persen pada kuartal pertama 2014 bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2013 dan impor meningkat sebesar 9,3 persen.

INE juga melaporkan bahwa investasi turun sebesar 1,1 persen pada kuartal pertama tahun ke tahun, demikian seperti dikutip dari Xinhua.

(A026)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014