Renang di pulau Bacan, Halmahera Selatan ini memecahkan rekor lama yang dipegang Morotai. Dan rekor di sini tercatat di MURI pada urutan ke-6.518 dengan kriteria superlatif.
Pulau Bacan, Halmahera Selatan (ANTARA News) - Rekor MURI untuk jumlah peserta terbanyak renang pesisir pantai dengan jumlah 1.500 orang terjadi di  Festival Pemuda Olahraga Bahari, Halmahera Selatan 2014, di Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Maluku Utara, Minggu.

Kementerian Pemuda dan Olah Raga dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan yang menyisir Pantai Manggo--Labuha berjarak 1 kilometer itu, memecahkan rekor lama atas nama Kabupaten Morotai dalam Sail Morotai 2012 dengan jumlah peserta 1.174.

"Renang di pulau Bacan, Halmahera Selatan ini memecahkan rekor lama yang dipegang Morotai. Dan rekor di sini tercatat di MURI pada urutan ke-6.518 dengan kriteria superlatif," kata perwakilan MURI Paulus yang hadir pada acara lomba renang itu.

Sementara itu Menpora Roy Suryo yang membuka lomba renang di Halmahera Selatan mengatakan, ini bukan masalah catatan rekornya tapi bahwa rekor bisa terjadi di mana saja.

"Dengan ini menunjukkan bahwa rekor itu bukan hanya milik perkotaan tapi di daerahpun bisa terjadi. Ini rekor kedua setelah rekor Morotai pecah, dan kami bangga itu terjadi di daerah lagi," kata Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo, di Halmahera Selatan, Minggu.

Menpora juga menyebutkan bahwa event ini menjadi ajang perkenalan nama-nama daerah yang punya potensi pariwisata. "Selain sebagai olah raga tradisional, renang pantai ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan wisata daerah," tambahnya.

Menpora dalam rangka kegiatan Lintas Khatulistiwa Pemuda 2014 berada di kabupaten Halmahera Selatan selama empat hari dimana hari sebelumnya, Sabtu (7/6) telah melakukan penancapan tiang pancang tugu lintas khatulistiwa di pulau Kayoa dan malamnya bersama para pramuka mengadakan api unggun di pulau wisata Nusara. (*)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014