Bandung (ANTARA News) - Delapan pegulat tim Pelatda PON XIX/2016 Jawa Barat dipastikan kembali dikirim berlatih dan mengikuti serangkaian kejuaraan di Gyeongsangbuk-do, Korea Selatan.

"Rencananya delapan atlet dikirim kembali ke Korea Selatan dan merupakan rombongan kedua dari tim gulat Jabar yang berlatih ke sana," kata Pelatih Pelatda PON XIX/2016 Jabar Bambang Erawan di Bandung, Senin.

Menurut Bambang, delapan atlet yang akan dikirimkan berlatih ke Negeri Ginseng itu adalah untuk nomor greco yakni Rudi Syafei, Erdi Andreas, Wahyudi. Kemudian untuk kelas bebas adalah Rio Akbar Bahari dan Heri Fadli.

Sedangkan tiga atlet putri Jabar yang juga ikut dalam pelatihan di Korea adalah Esti, Irma Aprianti dan Shela Abdillah Sunjaya. Tim akan didampingi oleh pelatih asal Korea serta pelatih lokal Handi.

"Selain menempa atlet, program latihan ke Gyeongsangbuk-do juga sebagai ajang meningkatkan kemampuan pelatih, dimana salah seorang pelatih Jabar juga ikut mendampingi atlet," kata Bambang.

Pelatih Jabar yang ditunjuk untuk mendampingi tim gulat Jabar andalan Handi, yang merupakan pelatih muda. Menurut Bambang, baik atlet maupun pelatih sangat penting untuk mengetahui kultur dan sistem latihan gulat di Korea secara langsung.

Program latihan atlet Pelatda Jabar ke Korea itu merupakan lanjutan dari program yang telah dirintis sejak beberapa tahun lalu atau sebelum PON XVIII/2012 di Riau.

"Korea merupakan salah satu negara yang cukup berhasil melakukan pembinaan gulat, saya sewaktu jadi atlet juga beberapa kali berlatih di sana," kata Bambang.

Rombongan gulat Jabar rencananya akan berangkat ke Korea Selatan pada 8 Agustus 2014, dan akan berada di Negeri Ginseng itu hingga pertengahan Oktober 2014. Tim akan pulang ke Indonesia untuk selanjutnya bertanding mewakili daerah masing-masing di ajang Porda Jabar 2014 di Kabupaten Bekasi.

"Mereka dipastikan pulang Oktober 2014," kata Bambang.

Lebih lanjut, Bambang yang juga mantan atlet nasional itu menyebutkan, tim gulat Jabar itu akan berlatih dan beruji tanding melawan atlet-atlet di Korea, sekaligus mengikuti kejuaraan di sana.

Ia menyebutkan, program itu dalam rangka persiapan Jabar untuk kembali mendulang medali emas pada ajang PON XIX/2016 di mana Jabar akan menjadi tuan rumah. Menurut Bambang, dari beberapa hasil uji coba dan kejurnas, ada kemajuan dari performance tim gulat Jabar yang diproyeksikan untuk meraih minimal lima emas di ajang PON 2016.

(S033/Y008)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014