Jakarta, (ANTARA News) - Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman mengatakan permintaan makanan dan minuman menunjukkan peningkatan secara umum sebesar 30 persen menjelang Idul Fitri 2014.

"Secara umum peningkatan permintaan makanan dan minuman menjelang lebaran adalah 30 persen. Namun untuk produk-produk tertentu bisa meningkat dari 100-150 persen," kata Adhi usai menghadiri buka puasa bersama di Kantor Kementerian Perindustrian Jakarta, Senin.

Dia mengatakan produk makanan dan minum yang meningkat hingga 100-150 persen adalah yang rasa manis seperti sirup dan nata de coco. Produk tersebut menurut dia mengalami peningkatan permintaan karena dimintai konsumen untuk berbuka puasa dan keperluan lebaran.

"Menjelang lebaran permintaan meningkat signifikan dalam dua minggu terakhir. Hal itu diluar perkiraan yang diprediksi sepi namun tahun lalu ada peningkatan seperti ini dan berlanjut hingga selesai lebaran," ujarnya.

Adhi mengatakan pihak industri sudah mengantisipasi peningkatan permintaan itu sejak dua bulan lalu dengan meningkatkan kapasitas produksi dan distribusi.

Selain itu dia optimis pertumbuhan industri makanan dan minuman sebelum dan setelah lebaran 2014 lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal itu menurut dia dilihat dari pertumbuhan industri tersebut pada kuartal pertama 2014 sebesar 1,9 persen lebih yang disebabkan investasi luar negeri dan domestik pada tahun lalu.

"Kuartal pertama 2014 lebih bagus dibandingka 2013 karena investasi baru dibangun tahun 2013 dan menunjukkan hasilnya di 2014," ujarnya.(*)

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014