Jakarta (ANTARA News) - Sebagai sebuah industri dengan banyak pemangku kepentingan, faktor keuntungan atau profit adalah hal yang mutlak. Namun sebagai entitas yang hidup dan beroperasi di tengah masyarakat, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk tentunya tak boleh melupakan peran masyarakat (people) sekitar dan juga lingkungan (planet).

Ketiga faktor tersebut yakni profit, people, dan planet (3P) sama-sama penting bagi perusahaan sehingga perannya harus diseimbangkan.

Menyadari pentingnya menyeimbangkan 3P itu, maka PT Semen Indonesia (Persero) Tbk telah menetapkan kebijakan pengelolaan perusahaan yang senantiasa berorientasi pada pertumbuhan profit, pengembangan dan perlindungan lingkungan, serta kesejahteraan masyarakat, terutama di sekitar pabrik. Semen Indonesia memiliki cetak biru tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang disusun dan dikelompokkan pada:

SI Cerdas, yang fokus pada peningkatan kompetensi melalui program pendidikan

SI Prima, yang bersinergi dengan program-program unit pemasaran dan litbang

SI Lestari, yang fokus pada program-program lingkungan

SI Peduli, yang merupakan rumah yang berisi program-program sosial ekonomi

Salah satu implementasi pada program SI lestari adalah turut pada program mangrove center di Tuban, bantuan 10.000 bibit mangrove pada kegiatan penanaman mangrove di Rembang, kegiatan lainnya adalah adalah program pengolahan sampah kota di Gresik menjadi bahan bakar alternatif.

Sedangkan untuk SI Cerdas antara lain pelatihan bagi tukang untuk mendapatkan sertifikasi profesi dan pemberian Beasiswa kepada 2.653 Siswa mulai Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi di area operasi Semen Padang, Semen Gresik dan Semen Tonasa dengan total beasiswa sebesar Rp 1,9 miliar.

CSR adalah investasi sosial yang dapat menopang keberlangsungan perusahaan melalui dukungan masyarakat yang telah merasa memiliki perusahaan, karena keberadaannya memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar. Hubungan saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat akan menciptakan hubungan personal yang saling memiliki dan rasa untuk saling membantu satu sama lainnya.

Komitmen Semen Indonesia untuk mengelola CSR dengan baik berbuah berbagai penghargaan. Tahun 2012 dan 2013 pabrik di Tuban memperoleh proper emas sebagai penghargaan tertinggi dibidang lingkungan hidup yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup.

Tahun 2014 perusahaan sudah menerima 4 penghargaan dibidang CSR yaitu

a. Penghargaan ANTARANEWS CSR Award 2014 atas komitmen membangun kemandirian masyarakat lewat program pendidikan, permodalan serta pelestarian lingkungan dan energi.

b. Penghargaan The Best Indonesia Green Awards yang diberikan Latofi School of CSR atas keberhasilan meraih penghargaan di lima kategori sekaligus yaitu Penyelamatan Sumber Daya Air, Mengembangkan dan Menggunakan Energi Baru dan Terbarukan, Mengembangkan Keanekaragaman Hayati, Mempelopori Pencegahan Polusi dan Mengembangkan Pengolahan Sampah Terpadu.

c. Penghargaan sebagai “The Best Green CEO” yang diberikan oleh Warta Ekonomi.

d. Penghargaan penanganan bencana gunung kelud terbaik dari Gubernur Jawa Timur. (Adv)

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014