Untuk menjaga keamanan Monas pada libur Lebaran (cuti bersama) ini, Unit Pengelola Teknis (UPT) Monas dibantu oleh Sabhara dan polisi pariwisata,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengelola Monumen Nasional (Monas) meningkatkan pengamanan di kawasan wisata Ibu Kota Jakarta itu seiring dengan meningkatnya jumlah pengunjung selama cuti bersama Idul Fitri 1435 Hijriah.

"Untuk menjaga keamanan Monas pada libur Lebaran (cuti bersama) ini, Unit Pengelola Teknis (UPT) Monas dibantu oleh Sabhara dan polisi pariwisata," kata Kepala UPT Monas Rini Hariyani di Jakarta, Rabu.

Menurut Rini, terdapat 35 aparat keamanan yang terdiri dari 30 petugas Samapta Bhayangkara (Sabhara) dan lima polisi pariwisata disebar di wilayah Tugu Monas.

Para aparat keamanan tambahan tersebut akan membantu 10 petugas keamanan yang disediakan UPT Monas, seiring dengan lonjakan pengunjung pada libur Lebaran.

Bantuan aparat ini telah dihadirkan sejak seminggu lalu hingga 3 Agustus 2014.

"Pengunjung Monas diprediksi paling banyak pada akhir pekan ini, karena banyak warga Jakarta yang kembali dari kampung halaman akan berwisata di Ibu Kota," ujarnya.

Selain mengamankan kawasan Monas, para aparat keamanan itu, menurut Rini, akan berkeliling bangunan Monas untuk membantu pengunjung yang kesulitan mencari jalan di kawasan pariwisata itu.

Sementara itu, Rini menambahkan, kapasitas pengunjung Tugu Monas hanya 1.600 orang sedangkan pengunjung setelah Lebaran bisa mencapai 2.000 lebih per harinya.

Berdasarkan pantauan, tiket menuju puncak Tugu Monas habis sejak pukul 11.00 WIB, pengunjung sudah antre memanjang di pelataran sejak Rabu pagi untuk mendapatkan tiket.

Harga tiket per orang adalah Rp15 ribu untuk dewasa dan Rp5 ribu untuk anak-anak, tidak ada kenaikan biaya tiket terkait Lebaran.

(A041/M026)

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014