Tangerang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten menambah jumlah penyapu jalan selama libur Lebaran pada tahun ini.

Sekretaris Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) Kota Tangerang, Heriyanto di Tangerang, Sabtu, mengatakan, DKP telah menambah 30 penyapu jalan secara temporer.

"Penambahan petugas penyapu jalan ditempatkan di wilayah tengah untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan sampah," katanya.

Ia mengatakan, kenaikan volume sampah yang sangat tinggi terjadi di wilayah timur. Namun pihaknya terus memantau sampah - sampah yang berada di pinggir jalan.

Selama bulan puasa volume sampah di Kota Tangerang alami peningkatan mencapai 200 ton dalam seharinya karena bertambahnya tingkat konsumsi warga.

Faktor lainnya yakni karena munculnya pedagang musiman di sejumlah wilayah. Sehingga sampah yang dihasilkan pun meningkat. "Petugas kebersihan tidak libur selama lebaran," paparnya.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menuturkan, Pemerintah Kota Tangerang telah berupaya seoptimal mungkin untuk melakukan pengangkutan sampah di seluruh wilayah.

Seperti menempatkan 50 sampai 70 orang petugas kebersihan tambahan pascalebaran untuk wilayah barat, tengah maupun timur.

Begitupun dengan truk angkutan sampah, dari jumlah 165 truk yang dipakai, 139 truk digunakan untuk mengangkut sampah secara rutin sebanyak dua rit.

Sedangkan 26 armada sisanya dipergunakan khusus untuk angkutan sweeping yang berjalan antara jam 8 sampai jam 12 diluar jalur ritasi dari H-2 sampai H+5 lebaran

"Banyak sampah yang dibuang warga tidak di lokasi Tempat Pembuangan Sampah karena kapasitasnya sudah penuh," ujarnya.

(KR-AIF/F003)

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014