Jakarta (ANTARA News) - Sebuah dokumen resmi yang mengumumkan pernikahan George Clooney dan tunangannya Amal Alamuddin telah terungkap.

Pasangan tersebut mengumumkan rencana pernikahan mereka di sebuah gereja di London, bersama dengan aktor berusia 53 tahun tersebut dan pengacara tunangannya yang masing-masing membayar 35 poundsterling sebelum menandatangani dokumen di Balai Kota Chelsea.

Pemberitahuan hukum dari niat mereka untuk menikah telah diumumkan ke publik selama 16 hari sebelum mereka diperbolehkan untuk menikah.

Dokumen tersebut berisi nama lengkap bintang pemenang Oscar itu sebagai George Timothy Clooney dan profesinya sebagai aktor dan sutradara, demikian dikutip Daily Mail.

Alamuddin (36) disebutkan berprofesi sebagai seorang pengacara. Pengumuman rencana perkawinan pada dua pekan lalu tersebut menyebutkan Alamuddin adalah seorang lajang dan status pernikahan Clooney disebutkan sudah berakhir.

Pengumuman tersebut juga mengkonfirmasi bahwa pasangan tersebut akan menikah di Italia.

Pasangan tersebut bertemu pertama kali di acara amal dan mulai berkencan pada September tahun lalu. Clooney lalu melamar Alamuddin pada April 2014 dengan memberinya berlian tujuh karat sebagai cincin tunangan.

Alamuddin yang merupakan lulusan Universitas Oxford memiliki klien kelas atas. Dia mewakili pembuat WikiLeaks, Julian Assange dan juga penasihat untuk mantan Sekjen PBB Kofi Annan.

Upacara pernikahan diperkirakan akan dilangsungkan di villa rekreasi eksklusif milik Clooney yang berharga 25 juta poundsterling di Lake Como pada bulan depan.

Hal itu terungkap pada bulan lalu ketika Clooney membujuk walikota untuk memberikan penjagaan demi menjamin privasinya.

Keamanan setempat akan memberikan denda 450 poundsterling pada siapapun yang berenang pada radius 100 meter dari villa Clooney.

Pejalan kaki juga dilarang untuk berhenti di jalan di luar villa tersebut.

Pihak keamanan yang diwakili Laglio Council akan bekerja selama 24 jam penuh hingga 30 September.

"Kita harus menjamin privasi dan keamanan untuk Clooney dan para tamunya," kata Walikota Laglio, Roberto Pozzi.

Clooney berpisah dari mantan istrinya Talia Balsam pada 1993. Talia menggambarkan Clooney sebagai suami yang buruk.(*)

Penerjemah: Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014