Jakarta (Antara News) - Festival seni budaya bertajuk Timeless Indonesia Festival (TIF) akan memanfaatkan Bali sebagai etalase untuk memajang daya tarik tiap-tiap provinsi di Indonesia.

Festival yang lahir dari inisiatif PT Konderatu Duta Nusantara itu untuk pertama kalinya akan berlangsung pada 9-15 November 2014 dengan menampilkan ragam kekayaan daya tarik tujuh provinsi di Pantai Kelan, Jimbaran, Bali.

"Sebagai perumpamaan, Bali itu jendela pamernya Indonesia, wisatawan mancanegara rutin kedatangannya ke sana, sehingga sangat cocok dijadikan lokasi pameran daya tarik masing-masing provinsi di Indonesia," kata  Presiden Direktur Konderatu, Herlinda Siahaan, di Jakarta, Minggu.

Herlinda menuturkan bahwa rencananya TIF akan menampilkan keragaman daya tarik dari seluruh 34 provinsi di Indonesia, namun untuk edisi pertama kali ini akan menghadirkan tujuh provinsi terlebih dahulu yakni Bali, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara dan Sumatera Utara.

Guna memberikan tempat seluruh 34 provinsi di Indonesia, TIF rencananya akan digelar setiap enam bulan sekali.

"Terutama karena untuk persiapan yang sekarang kurang dari empat bulan, makanya kami memilih tujuh provinsi yang memang saya sudah memiliki akses dan jejaring di sana," katanya.

Herlinda mengatakan ia menargetkan kunjungan ke TIF sedikitnya oleh 1.000 wisatawan pada siang hari dan 500 wisatawan pada malam hari.

"Untuk yang malam hari kami prioritaskan wisatawan asing yang memang nantinya diharapkan akan menengok ke provinsi-provinsi yang menampilkan keragaman daya tariknya.

"Kami pasang harga tiket sebesar 85 dolar AS untuk pertunjukan malam hari," ujarnya.

Ragam aktivitas yang disuguhkan bukan hanya pagelaran seni, tetapi juga olahraga air, permainan tradisional, seminar, pameran benda antik dan sajian kuliner.

Sejumlah bintang tamu juga dijadwalkan akan tampil sepanjang TIF yang berasal dari kalangan desainer, koreografer, penyanyi dan musisi.

Para bintang tamu hadir bukan sebagai sosok individu melainkan mewakili provinsi-provinsi yang tampil di TIF, seperti desainer Thomas Sigar, Merdy Sihombing dan Erwin Sosrokusumo yang masing-masing akan mewakili Sulawesi Utara, Sumatera Utara dab Jawa Timur.

Kemudian dijadwalkan pula tampil koreografer Denny Malik, penyanyi Yuni Shara dan Ayu Laksmi serta musisi Balawan dan Gus Teja.‎(*)

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014